Jateng
Kamis, 12 Januari 2017 - 11:50 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK : DPRD Jateng: Turunkan Harga Cabai!

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi komoditas perdagangan cabai rawit (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harga kebutuhan pokok jenis cabai yang meroket menyita perhatian DPRD Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kalangan anggota DPRD Jawa Tengah meminta pemerintah segera melakukan tindakan nyata guna menurunkan harga cabai, kebutuhan pokok masyarakat yang akhir-akhir ini terus melambung.

Advertisement

“Pasca-Tahun Baru hingga saat ini harga cabai rawit merah terus mengalami peningkatan dan diikuti komoditas pokok lainnya,” kata anggota Komisi B DPRD Jateng Ikhsan Mustofa di Semarang, Selasa (10/1/2017). Harga cabai di sejumlah daerah di Jarwng, menurutnya melonjak hingga Rp100.000/kgRp120.000/kg, bahkan di luar Jawa mencapai Rp200.000/kg.

Menurut dia, pemerintah harus segera melakukan upaya untuk mengendalikan harga cabai agar tidak terus mengalami lonjakan harga karena stabilitas kebutuhan pokok masyarakat ini adalah salah satu hal yang mendesak. “Kalau ada pembiaran harga cabai naik, masyarakat semakin panik. Baru awal tahun harga cabai ditambah harga bahan bakar minyak [BBM] dan kebutuhan rumah tangga naik drastis,” ujarnya.

Ia menyayangkan dan mengaku kecewa atas lambannya penanganan pemerintah mengendalikan harga cabai, apalagi Kementerian Perdagangan berencana tidak akan melakukan intervensi harga cabai di pasaran. “Memang ini terlalu lambat penanganannya, kalau dilakukan oleh pemerintah sesegera mungkin tidak separah ini dan bisa ditekan di bawah angka Rp100.000/kg,” katanya.

Advertisement

Pemerintah, kata Ikhsan, harus segera melakukan langkah konkret untuk menstabilkan harga kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat—terutama cabai—di pasaran. “Bukan mencari pembenaran dan sibuk mencari alasan atas kenaikan harga cabai,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif