News
Kamis, 12 Januari 2017 - 22:00 WIB

Dipicu Pemukulan, Massa Pro dan Kontra Habib Rizieq Bentrok

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq (kiri) mendatangi Mapolda Jabar untuk menjalani pemeriksaan, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/7/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Fahrul Jayadiputra)

Dipicu pemukulan, massa pro dan kontra Habib Rizieq bentrok setelah pemeriksaan pemimpin FPI itu.

Solopos.com, BANDUNG — Bentrokan terjadi seusai Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat, Kota Bandung, terkait kasus dugaan pelecehan Pancasila.

Advertisement

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan insiden itu dipicu massa pro-Rizieq yang melakukan pemukulan terhadap salah seorang dari massa kontra Rizieq.

Begitu Rizieq dan massanya meninggalkan lokasi, seseorang dari massa kontra Riziew berniat mengambil motor yang diparkir dekat kerumunan massa FPI. Saat motor hendak diambil dan kebetulan di lokasi masih ada beberapa massa pro-Rizieq, pemilik motor mendapat tindakan pemukulan menggunakan kayu.

“Satu orang dari masyarakat Sunda [yang kontra Rizieq] dicegah [dihalangi] sama FPI, lalu kena pukul menggunakan kayu,” kata Yusri, Kamis (12/1/2017) sore, dikutip Solopos.com dari Okezone.

Advertisement

Aksi itu kemudian merembet. Massa kubu kontra Rizieq tersulut emosinya dan melakukan pengejaran. Bentrokan pun pecah sehingga polisi bekerja ekstra keras membubarkan bentrokan agar tidak jatuh banyak korban.

Aksi itu berbuntut balasan dari kubu lainnya. Massa kontra Rizieq merusak mobil FPI yang ada di lokasi dan menyebabkan bagian kaca belakang mobil pecah. “Itu ekses, balasan, karena ada mobil FPI parkir dekat massa yang [kontra] ini, jadi ada kerusakan,” ungkapnya.

Atas pemukulan tersebut, kubu kontra Rizieq melaporkan aksi kekerasan itu ke Polda Jawa Barat dengan membawa seorang korban. “Yang lapor ke kita baru dari masyarakat Sunda, buktinya ada, lagi divisum dulu orangnya,” jelasnya.

Advertisement

Sedangkan di kubu pro-Habib Rizieq, Yusri mengatakan pihaknya belum menerima laporan atas insiden tersebut. “Massa FPI belum melapor. Kalau mau melapor silakan,” ucapnya.

Situasi di lokasi pun sudah kondusif. Setelah magrib, massa kontra Habib Rizieq secara perlahan meninggalkan lokasi. Sedangkan massa FPI sudah lebih dulu pulang sejak sekira pukul 17.00 WIB. “Sampai sekarang situasi sudah aman, kondusif. Tapi petugas kita melakukan patroli untuk menjaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” tandas Yusri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif