Ilustrasi penggunaan Internet menggunakan smartphone (Istimewa/Huffington Post)
Rabu, 11 Januari 2017 22:30 WIB Dika Irawan/JIBI/Bisnis Gadget Share :

Smartphone 4G Asli Indonesia Siap Diproduksi Massal

Smartphone 4G yang dikembangkan oleh peneliti Indonesia siap diproduksi secara massal.

Solopos.com, JAKARTA — Para peneliti Indonesia telah mampu menciptakan smartphone yang sebentar lagi akan diproduksi perdana secara massal. Produk ini dikembangkan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB).

Melalui skema pendanaan inovasi perguruan tinggi di industri, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) pada 2016 memberikan pendanaan kepada Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengembangkan dan menghilirisasikan produk smartphone 4G.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek), Muhamad Nasir, mengatakan riset-riset yang dihasilkan anak bangsa jangan sampai hanya berhenti di perpustakaan. Menurutnya, riset itu harus dikomersialisasikan sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

“Saya merasa bangga betul. Semoga produk ini bisa mengambil pasar, network harus kita bangun. Mudah-mudahan produk ini bisa kompetitif, punya nilai tambah, dan menjadi kebanggaan, ” ujarnya saat kunjungan kerja ke PT VS Technology Indonesia, Rabu (11/1/2017), dalam keterangan tertulis.

Menristekdikti menyebutkan angka pengguna smartphone di Indonesia kini mencapai sekitar 25% dari total penduduk atau sekitar 65 juta orang. Sehingga ia menilai jumlah tersebut merupakan market potensial dari produk ini.

Ponsel pintar ini nantinya akan diadopsi dan dilanjutkan produksi massalnya oleh Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM/Digital Coop) dengan bekerjasama antara ITB, PT Jalawave Integra, PT. VS Technology Indonesia, dan PT TSM.

lowongan pekerjaan
CV.ASR MEDIKA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…