Teknologi
Rabu, 11 Januari 2017 - 20:30 WIB

Sempat Diblokir, Bigo Live Kemungkinan Bisa Diakses Lagi Pekan Ini

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bigo Live (play.google.com)

Bigo Live yang diblokir sejak beberapa waktu lalu kemungkinan bisa diakses lagi secara penuh pekan ini.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah memberi sinyal segera membuka kembali aplikasi Bigo Live pada akhir pekan ini. Pembukaan akses itu dilakukan jika pengelola telah memenuhi persyaratan sesuai peraturan yang berlaku.

Advertisement

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan pihaknya akan melakukan pertemuan terkait izin operasional dengan pengelola aplikasi Bigo Live pada Kamis (12/1/2017).

Dalam pertemuan tersebut, pihak Kemenkominfo akan memeriksa kelengkapan syarat yang diminta sebelumnya, seperti kantor cabang di Indonesia, tenaga pengawas disertai sistem pengawas konten yang tak laik. “Mereka sudah punya kantor di wilayah Kuningan [Jakarta Selatan]. Kalau diperiksa sudah memenuhi syarat dan selesai, Jumat ini bisa dibuka [blokirnya],” tuturnya, Rabu(11/1/2017).

Menurut dia, sebenarnya teknologi baru seperti aplikasi Bigo Live menarik jika dimanfaatkan untuk hal yang positif, seperti tutorial kegiatan belajar. Sebelumnya, Kemenkominfo memblokir layanan Bigo Live lantaran banyaknya konten negatif terutama yang mengandung pornografi. Baca juga: Bigo Live Diblokir, Jumlah Pengguna di Indonesia Tak Berkurang.

Advertisement

Pemblokiran hanya pada tingkat domain name system (DNS) untuk membatasi layanan utuh Bigo, sehingga layanan ini masih bisa diakses melalui aplikasi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif