News
Rabu, 11 Januari 2017 - 21:30 WIB

Obama Pidato Perpisahan, Trump Janji Jungkirkan Semuanya

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Barack Obama (Washingtonpost.com)

Barack Obama menyampaikan pidato perpisahannya sebagai Presiden AS. Sementara itu, Donald Trump akan mencabut kebijakan-kebijakan Obama.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyampaikan pidato perpisahan di Chicago. Pidato itu merefleksikan masa jabatannya selama dua periode sembari mengatakan peralihan kekuasaan yang damai antarpresiden merupakan sebuah “tanda” demokrasi Amerika Serikat.

Advertisement

Presiden kulit hitam pertama di AS yang sekarang berusia 55 tahun itu terpilih pada 2008 dengan pesan “memberikan harapan dan perubahan”. Sedangkan penggantinya, Presiden terpilih AS, Donald Trump, berjanji untuk mencabut beberapa kebijakan Obama setelah dilantik pada 20 Januari 2017 mendatang.

Dengan nada suara yang lebih tinggi, Obama mengatakan peralihan kekuasaan yang damai antar presiden merupakan sebuah “tanda” dari demokrasi Amerika. Tetapi dia mengatakan demokrasi tidak akan bekerja tanpa sebuah kesadaran bahwa setiap orang memiliki kesempatan ekonomi.

Sebagaimana dikutip bbc.co.uk, Rabu (11/1/2017), dalam pidatonya Obama menceritakan mengapa dipilih Chicago sebagai tempat pidato terakhirnya. Dia mengatakan ingin memilih kembali ke tempat “di mana semua dimulai”, bagi dirinya dan ibu negara Michelle Obama ketimbang menyampaikan pidato di Gedung Putih.

Advertisement

Perjalanan Obama ke Chicago merupakan yang terakhir sebagai Presiden AS dan yang ke-445 kali dengan menggunakan pesawat kepresidenan Air Force One. Dia mengatakan pernah tinggal di kota itu sebagai anak muda yang masih berupaya mencari jati diri dan mencari tujuan hidup.

Lebih dari 20.000 orang diperkirakan hadir dalam acara yang berlangsung di McCormick Place, yang merupakan pusat konferensi yang terbesar di Amerika Utara dan merupakan lokasi pidato Obama kerika mengalahkan Mitt Romney dalam pemilu 2012 lalu.

Tiket diberikan secara gratis, tetapi dijual secara online lebih dari $1.000 atau sekitar Rp13 juta beberapa jam sebelum pidato. Ibu negara Michelle Obama, Wakil Presiden Joe Biden dan istrinya Jill Biden hadir dalam acara tersebut.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Barack Obama Donald Trump
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif