Lifestyle
Selasa, 10 Januari 2017 - 10:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Osteoporosis

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi makanan penangkal osteoporosis (Boldsky)

Tips kesehatan tentang bahan alami yang mampu mengatasi osteoporosis.

Solopos.com, SOLO – Osteoporosis merupakan penyakit yang menyebabkan pengeroposan tulang secara cepat yang membuatnya rapuh. Penyakit ini ini biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium dalam tubuh.

Advertisement

Seseorang yang menderita osteoporosis biasanya akan merasakan sakit di bagian lutut. Kondisi ini bisa diatasi dengan meminum obat pereda nyeri hingga terapi suntik. Sayangnya, efek pengobatan tersebut tidak benar-benar mengembalikan kondisi kepadatan tulang.

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah pengeroposan tulang yang semakin parah adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium. Nah, apa sajakah jenis makanan yang tinggi kalsium? Dilansir Boldsky, Senin (9/1/2017), berikut beberapa bahan alami tinggi kalsium yang mampu menangkal osteoporosis:

Ikan
Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi kalsium dan rendah lemak yang mampu mencegah osteoporosis. Selain kalsium, kandungan protein, karbohidrat, dan vitamin pada ikan juga mampu mencegah penuaan dan meningkatkan kecerdasan otak.

Advertisement

Susu
Mengonsumsi susu dan berbagai produk olahannya, seperti yoghurt dan keju yang tinggi kalsium diklaim mampu mengobati dan mencegah osteoporosis. Susu mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum susu secara rutin sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami osteoporosis.

Telur
Osteoporosis bisa juga disebabkan obesitas alias kelebihan berat badan. Untuk mencegah dan mengatasi gejala osteoporosis yang mungkin telah terjadi, Anda disarankan melakukan diet sehat. Nah, telur merupakan salah satu bahan pangan yang cocok dikonsumsi saat diet. Sebab, telur mengandung sumber protein alami yang mampu menjaga kepadatan tulang.

Kubis
Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang diklaim ampuh mencegah osteoporosis. Kandungan serat, vitamin, zat besi, kalsium, fosfor, dan kalium di dalamnya sangat bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kubis juga membantu proses metabolisme tubuh dan mencegah penyakit alzheimer.

Advertisement

Pisang
Pisang merupakan salah satu buah kaya kalsium yang merupakan nutrisi penting bagi tulang. Pisang juga mengandung vitamin, kalium, dan zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu, dalam buah pisang terdapat serat yang mampu mengatasi sembelit.

Kacang-kacangan
Kacang merupakan salah satu bahan pangan yang diklaim mampu menjaga kondisi kepadatan tulang. Kacang mengandung banyak vitamin D, serat, dan antioksidan yang berperan penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kacang juga kaya akan asam folat yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif