Jogja
Senin, 9 Januari 2017 - 02:40 WIB

Pakai Pembungkus Gudeg, Dua Pelaku Coba Selundupkan Satwa ke Bangkok

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - MENYITA SATWA LANGKA

Puluhan binatang dan satwa tersebut rencananya akan dibawa menuju Bangkok, Thailand.

Harianjogja.com, SLEMAN- Dua pelaku atas nama Vetyo, 25, dan Yudhistira, 27, warga Magelang, Jawa Tengah, ditangkap petugas keamanan Bandara Adisutjipto karena hendak melakukan upaya penyelundupan satwa keluar negeri, Sabtu (7/1/2017). Puluhan binatang dan satwa tersebut rencananya akan dibawa menuju Bangkok, Thailand.

Advertisement

General Manager Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan kedua pelaku akan berangkat menggunakan pesawat Airasia QZ 7557 berangkat pukul 12.15 WIB. Sebelum menuju Bangkok, pesawat tersebut terlebih dahulu transit di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng.

Keduanya ditangkap setelah petugas Aviation securty di screening check point II Terminal B Adisutjipto mencurigai bugkusan gudeg yang dibawa oleh pelaku. “Kepada petugas mereka mengalu membawa gudeg, namun setelah di cek isinya ada puluhan satwa,” katanya, Sabtu (7/1/2017)

Saat petugas membuka bungkusan tersebut petugas mendapati ada 20 ekor Biawak, sepuluh ekor Kadal, dua puluh ekor Kura-kura, sepuluh ekor Katak, dan lima ekor ular.

Advertisement

Dari hasil temuan tersebut, pihak bandara kemudian menyerahkan ke Balai Karantina Pertanian Kelas II Jogjakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu Humas Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Liza Anindya menjelaskan, pihak karantina kini telah melaporkan kejadian tersebut kepada petugas kepolisian Polda DIY untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

“Nanti untuk komperhensifnya Senin, sesuai permintaan balai karantina,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif