Senin, 9 Januari 2017 18:43 WIB Muhammad Khamdi/JIBI/Bisnis Peristiwa Share :

Jokowi Pastikan Tol Jakarta-Semarang Siap Pakai Lebaran 2017

Presiden Jokowi memastikan tol Jakarta-Semarang siap dipakai pada Lebaran 2017.

Solopos.com, BATANG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan masyarakat bisa memanfaatkan jalan tol Jakarta-Semarang pada musim mudik Lebaran tahun ini. Kendati belum seluruhnya selesai, beberapa ruas Tol Trans Jawa bisa digunakan secara fungsional.

Artinya, struktur tanah sudah dikeraskan dan dilapisi beton alias lean concrete. Di samping itu, untuk menjaga keselamatan pemudik pada malam hari, pengelola akan memasang lampu di sepanjang jalan.

Ketiga ruas jalan tol yang bisa dilalui secara fungsional, antara lain tol Pejagan-Pemalang, tol Pemalang-Batang, dan tol Batang-Semarang. “Lebaran 2017 sampai ke Semarang bisa dipakai. Belum sempurna selesai tapi bisa dipakai,” papar Jokowi saat meninjau proyek Tol Batang-Semarang, di Batang, Senin (9/1/2016).

Jokowi menambahkan, proses pembebasan lahan proyek tol Batang-Semarang seksi I dan II sudah selesai dan uang telah dibayarkan pada Senin (9/1/2016). Pemerintah membayar sisa ganti rugi sebesar Rp90 miliar dengan luas 9 hektare. “Ini proses pembebasan lahan di Batang hari ini selesai,” ujarnya.

Sementara itu, pekerjaan konstruksi terus dikebut untuk memenuhi target pemanfaatan operasional jalan tol. Presiden menerangkan pembangunan tol Batang-Semarang sepanjang 75 km ini sempat mangkrak selama 20 tahun. “20 tahun sempat berhenti,” terangnya.

Proyek ini awalnya dimulai pada 1996 silam. Namun, karena tidak menunjukkan kemajuan, maka penugasan diberikan kepada PT Jasa Marga Semarang-Batang yang merupakan perusahaan patungan antara PT Jasa Marga Tbk dan PT Waskita Karya Toll Road.

“Alhamdulillah sudah mendapatkan laporan dari Menteri PUPR hari ini, khusus di Batang, 100% pembebasan [lahan] selesai. Kemudian yang di Kendal dan Semarang, akhir Februari maksimal, 100% rampung,” kata dia.

Jalan Tol Batang-Semarang sendiri secara total memiliki panjang 75 kilometer (km) yang terbagi dalam 5 seksi, yakni seksi I Batang-Batang Timur sepanjang 3,20 km; seksi II Batang Timur-Weleri sepanjang 36,35 km; seksi III Weleri-Kendal sepanjang 11,05 km; seksi IV Kendal-Kaliwungu sepanjang 13,5 km; dan seksi V Kaliwungu-Krapyak sepanjang 10,9 km.

lowongan kerja
lowongan kerja Manajer HRD Geprek Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


2

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…