Jogja
Minggu, 8 Januari 2017 - 07:20 WIB

WISATA GUNUNGKIDUL : Libur Usai, Jumlah Wisatawan tetap Tinggi, Keramaian Merata

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ratusan orang memadati kawasan Pantai Pulangsawal (Wisatawan sering menyebutnya Pantai Indrayanti), Kecamatan Tepus, saat libur lebaran lalu. Diprediksi, saat libur akhir tahun jumlah pengunjung di kawasan wisata di Gunungkidul melonjak hingga 200.000 orang. Foto diambil Rabu (30/7/2014). (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Wisata Gunungkidul masih tetap padat pengunjung

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Kunjungan wisatawan ke Gunungkidul tetap ramai kendati libur panjang baru saja usai. Kantong-kantong parkir di lokasi wisata dipadati kendaraan.

Advertisement

Baca Juga : WISATA GUNUNGKIDUL : Libur Panjang Usai, Objek Wisata Tetap Ramai

Namun demikian, kepadatan wisatawan pada Sabtu menurut Koordinator Search and Rescue (SAR) Wilayah II Gunungkidul Marjono tidak sampai menimbulkan kemacetan seperti saat libur tahun baru pekan lalu. Kepadatan kendaraan didominasi sepeda motor dan mobil pribadi. Selain di Pantai Baron, di Pantai Sepanjang yang berada di sebelah timur juga ramai pengunjung. Parkir kendaraan bermotor terlihat padat.

“Ramai wisatawan ini merata, mulai dari Baron sampai ke Sepanjang, Indrayanti masih ramai,” paparnya lagi, Sabtu (7/1/2017).

Advertisement

Di kawasan wisata Ngalanggeran di Kecamatan Patuk, wisatawan yang berkunjung tidak kalah ramai mencapai ratusan orang pada libur akhir pekan Sabtu. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Nglanggeran Sugeng Handoko mengatakan, pada Sabtu jumlah pengunjung mencapai 400 oarng lebih. Wisatawan mengunjungi sejumlah objek wisata seperti Gunung Api Purba Nglanggeran, embung dan air terjun.

“Akhir pekan biasanya ramai. [kunjungan wisatawan] sudah seperti akhir pekan biasanya,” jelas Sugeng Handoko.

Catatan Pokdarwis Nglanggeran, ribuan pengunjung masih berdatangan ke Nglanggeran beberapa hari setelah tahun baru. Terhitung sejak 2 Januari hingga 5 Januari lalu atau dalam waktu empat hari, lebih dari 1.500 wisatawan berkunjung ke Nglanggeran.

Advertisement

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Harry Sukmono sebelumnya mengatakan, sepanjang 2016 lalu, nyaris tiga juta wisatawan berkunjung ke Gunungkidul. Serbuan wisatawan tersebut telah berkontribusi menyumbang pendapatan daerah senilai Rp24,2 miliar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif