Ilustrasi hewan ternak sapi (Aries Susanto/JIBI/Solopos) Ilustrasi hewan ternak sapi (Aries Susanto/JIBI/Solopos)
Minggu, 8 Januari 2017 15:10 WIB Internasional Share :

KISAH UNIK
India Bakal Terbitkan KTP untuk Hewan Ternak

Kisah unik kartu identitas untuk hewan ternak akan diterbitkan pemerintah India.

Solopos.com, SOLO – Kartu tanda penduduk (KTP) menjadi benda yang wajib dimiliki setiap warga negara. Tak hanya sebagai identitas, kartu ini biasanya digunakan untuk syarat mengurus segala keperluan, seperti membuat rekening tabungan, hingga membuat kartu jaminan kesehatan.

Mengingat banyaknya fungsi tanda pengenal, dilansir Telegraph, Rabu (4/1/2017), baru-baru ini Perdana Menteri India, Narendra Modi berniat membuat kartu identitas untuk hewan ternak. Kabarnya, ia akan memberi 12 digit nomor identitas 88 juta hewan ternak milik warga di India.

Kartu identitas hewan yang segera dicetak itu rencananya akan dipasang di telinga hewan. Meski terdengar unik, Narendra Modi berharap kebijakan itu dapat meningkatkan pendapatan negara dari sektor peternakan pada 2022 mendatang.

Dengan adanya kartu identitas itu, pemerintah nantinya dapat memantau perkembangbiakan hewan ternak tersebut. “Kartu itu dapat memudahkan kami dalam memantau perkembangbiakan hewan. Kami bisa memastikan jika hewan ternak tersebut telah divaksinasi tepat waktu dan dapat berkembangbiak dengan baik,” tutur Modi seperti dikutip dari Indian Express, Sabtu (7/1/2017).

Kebijakan itu bukan kali pertama dilakukan di India. Pada 2007 silam, penjaga perbatasan telah menerbitkan kartu identitas bagi seluruh hewan ternak yang ada di wilayah Bengal Barat. Hal itu dilakukan untuk mengatasi masalah penyelundupan hewan ternak dari India ke Bangladesh. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

lowongan kerja
lowongan kerja SEKOLAH VOKASI UMS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


1

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…