News
Minggu, 8 Januari 2017 - 00:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini 8 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci (Dailymail.co.uk)

Inilah catatan peristiwa dunia 8 Januari.

Solopos.com, SOLO – Pada 8 Januari terjadi beragam peristiwa di berbagai belahan dunia. Berikut beberapa peristiwa pada 8 Januari yang dihimpun Solopos.com dari laman Brainyhistory, Thepeoplehistory, dan Wikipedia:

Advertisement

1297

Negara Monako merdeka pada 8 Januari 1297 dari koloni Genoa di bawah pemerintahan Pangeran Albert II. Setelah merdeka, negara ini dipimpin oleh Dinasti Grimaldi di bawah kekuasaan Francescos Grimaldi.

Advertisement

Negara Monako merdeka pada 8 Januari 1297 dari koloni Genoa di bawah pemerintahan Pangeran Albert II. Setelah merdeka, negara ini dipimpin oleh Dinasti Grimaldi di bawah kekuasaan Francescos Grimaldi.

1324

Marco Polo, seorang pedagang dan penjelajah dunia dari Italia yang pernah menyusuri jalan sutera meninggal pada usia 69 tahun. Ia merupakan sosok pedagang kaya raya yang terkenal melalui berbagai kisah perjalanannya yang menarik. Ia selalu mencatat segala kisah dari berbagai tempat yang pernah dikunjungi termasuk Indonesia.

Advertisement

Warga Amerika Serikat yang berasal dari etnis Afrika Amerika atau Afro Amerika mendapatkan hak pilih. Etnis Afro Amerika merupakan sekelompok oasrang yang nenek moyangnya berasal dari Afrika Barat. Mayoritas orang dari etnis ini berkulit hitam atau yang biasa disebut negro.

1912

Africa National Congress, sebuah partai politik di Afrika Selatan didirikan untuk melindungi hak kaum kulit hitam. Partai ini mendapat banyak dukungan dari masyarakat sejak kali pertama didirikan hingga Mei 1994. Salah seorang tokoh pendirinya, Albert Lutuli bahkan menjadi peraih penghargaan nobel perdamaian.

Advertisement

1935

Elvis AAron Presley, seorang musisi legendaris asal Amerika Serikat lahir pada 8 Januari 1935. ia merupakan salah satu penyanyi rock yang banyak mengispirasi musisi dunia lainnya. Berkat popularitasnya itu, ia diberi julukan sebagai Raja Rock n Roll.

1942

Advertisement

Stephen Hawking, salah seorang fisikawan ternama dunia lahir di Oxford, Inggris, pada 8 Januari 1942. Ia merupakan seorang ilmuwan yang dikenal berkat sumbangsihnya di bidang fisika kuantum. Sampai saat ini, berbagai buku teori yang ditulisnya masih terus digunakan sebagai dasar perkembangan ilmu fisika modern.

1963

Leonardo da Vinci kali pertama memamerkan lukisan Monalisa yang legendaris di National Art Gallery, Washington DC, Amerika Serikat. Lukisan tersebut sukses menarik perhatian masyarakat Amerika Serikat.

1973

Uni Soviet mengirim pesawat luar angkasa tanpa awal, Luna 21 untuk mengumpulkan gambar dari permukaan Bulan. Hal ini dilakukan untuk menentukan kelayakan pengamatan astronomi dari Bulan.

1976

Sebuah kapal angkatan laut Inggris bertabrakan dengan kapal perang Islandia di wilayah zona eksklusif Islandia. Hal itu merupakan puncak perang kod yang terjadi di antara kedua negara. Perang ini berawal dari negara islandia yang mempertahankan garis teritorial laut yang banyak menghasilkan ikan, lantaran mayoritas penduduk Islandia berprofesi sebagai nelayan. Hal itu lambat launmembuat Inggris marah, karena membuat pasokan ikan di negaranya berkurang. Pemerintah Inggris lantas melarang kapal-kapal Islandia memasuki wilayah perairan mereka.

2011

Sebanyak 15 pemuda ditemukan tewas dalam kondisi mengenaskan di Acapulo, Meksiko. Kabarnya, kejadian tragis itu terjadi lantaran peraturan keras Presiden Calderon yang memerangi perdagangan narkoba di wilayah yang menjadi destinasi wisata favorit itu. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif