Donald Trump (Washingtonpost) Donald Trump (Washingtonpost)
Sabtu, 7 Januari 2017 14:45 WIB JIBI/Solopos.com/Newswire Roda 4 Share :

Ribut-Ribut Pernyataan Trump Soal Toyota Ditanggapi Pemerintah Jepang

Trump mengeluarkan peringatan untuk Toyota yang hendak membangun pabrik di Meksiko.

Solopos.com, WASHINGTON – Setelah mengancam akan menaikkan pajak mobil produksi General Motors yang diimpor dari Meksiko, kini Presiden Amerika Serikat terpilih Donald Trump melayangkan hal serupa pada Toyota Motor.

Dalam cuitan di akun Twitter-nya, Trump akan mengenakan pajak masuk yang tinggi terhadap mobil-mobil Toyota yang diimpor dari Meksiko.

“Toyota Motor menyatakan akan membangun pabrik baru di Baja, Meksiko, untuk memproduksi Corolla untuk pasar AS. Tidak Akan. Bangun pabrik di AS atau bayar pajak yang tinggi,” tulis Trump.

Tangkapan layar cuitan Trump soal Toyota. (Istimewa/Twitter)

Tangkapan layar cuitan Trump soal Toyota. (Istimewa/Twitter)

Pada April 2015, Toyota mengumumkan akan membangun pabrik baru di Guanajuato, Meksiko. Namun Toyota menegaskan bahwa perusahaan tetap berkomitmen menjalin kerja sama dengan pemerintahan Donald Trump.

“Toyota berharap dapat berkolaborasi dengan pemerintahan Donald Trump untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen serta industri automotif,” ungkap Juru Bicara Toyota Motor, Scott Vazin, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (6/1/2017).

Pabrik Toyota di Baja saat ini memproduksi 100 ribu unit kendaraan jenis pikap dan truk per tahun. Sementara pabrik di Guanajuato akan memproduksi Toyota Corolla dengan kapasitas produksi 200 ribu unit per tahun mulai 2019.

Cuitan Trump ini juga ditanggapi serius pemerintah Jepang. Menteri Perdagangan Jepang Hiroshige Seko menegaskan bahwa perusahaan-perusahaan Jepang harus dan akan meningkatkan kontribusi dalam penyediaan lapangan kerja di Amerika Serikat.

Pernyataan itu disampaikan Seko usai menghadiri pertemuan kabinet di Tokyo pada Jumat (6/1/2017).

Menurut dia, seperti dikutip dari Reuters, penting bagi industri automotif Jepang untuk berkontribusi dalam menguatkan perekonomian AS.

Hal serupa disampaikan Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga. Dalam konferensi pers, ia mengungkapkan bahwa Toyota Motor merupakan perusahaan penting di AS. Kontribusi perusahaan terhadap negara itu merupakan hal penting.

Pernyataan-pernyataan itu disampaikan terkait cuitan Presiden AS terpilih Donald Trump yang akan memberlakukan pajak tinggi bagi mobil-mobil Toyota yang diproduksi di Meksiko. Produsen automotif terbesar di dunia itu berencana membangun pabrik baru di Meksiko untuk memproduksi model Corolla mulai 2019.

Sebelumnya Trump juga mengancam General Motors terkait pembangunan pabrik baru juga di Meksiko. Pabrik tersebut akan memproduksi Chevrolet Cruz.

lowongan kerja
Lowongan kerja Setingkat SPV, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply



1

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…