News
Sabtu, 7 Januari 2017 - 17:45 WIB

Ramai-Ramai Sambat di Medsos Gara-Gara Harga Cabai Rp5.000 Lima Biji

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Harga cabai naik, lima ribu dapat lima biji (Facebook)

Grup Facebook menjadi tempat berbagi keluh kesah tentang kenaikan harga cabai.

Solopos.com, SOLO – Sejak akhir Desember 2016 harga cabai rawit merah mulai merangkak naik. Kondisi itu masih terus berlanjut hingga awal Januari 2017. Naiknya harga cabai rawit merah membuat netizen berkeluh kesah di media sosial. Bahkan ada yang bercerita membeli cabai Rp5.000 hanya dapat liba biji cabai merah.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com, di Pasar Legi, Solo, Kamis (5/1/2017), harga cabai rawit merah mencapai Rp95.000/kg. Bahkan Jumat (6/1/2017), beredar kabar di Kalimantan cabai rawit merah menyentuh harga Rp200.000/kg. Kenaikan harga cabai rawit merah pun menjadi pembicartaan di media sosial. Netizen anggota grup Facebook Boyolali Kota (Boykot) bercerita pengalaman uniknya terkait kenaikan harga cabai rawit merah,.

Seumur urip ge pisan tumbas lombok nek pasar 5000 entuk e yo 5 glintir. Leh ku tumbas nek pasa Sunggingan, sambil ngguyu ngamati mbahe mbuntelke lombok, haha [Seumur hidup baru kali ini beli cabai di pasar, Rp5.000 dapatnya juga lima biji cabai, saya beli di Pasar Sunggingan, Boyolali, sembari tertawa saya melihat penjual membungkus lombok yang saya beli,]”tulis akun Dena Rahman. Jumat siang.Bersama unggahannya itu, akun Dena Rahman mengunggah foto cabai rawit merah sebanyak lima biji.

Cerita itu mengundang netizen untuk berkomentar. Akun Esty Vhe Bryant memberi respons dengan bercerita pengalaman pribadinya membeli cabai rawit merah. Akun tersebut bercerita dia membeli cabai rawit merah ke tukang sayur keliling, Rp1.500 dapat enam biji. Akun Mamanya Za bercerita di daerah Simo, Boyolali Rp1.000 mendapat lima bji.

Advertisement

Selain harga-harga dari netizen yang berada di Soloraya, ada juga obrolan di kolom komentar dari netizen luar Soloraya. Akun Kaylla Farhan mengungkapkan di Kalimantan Timur cabai Rp200.000/kg. “Kemarin di pasar, cabai Rp140.000/kg, saya di Bontang,” ungkap akun Galang Lang.

Ada juga netizen yang berprofesi sebagai penjual cabai juga mengungkapkan harga yang dia tetapkan.. “Saya jual Rp140.000/kg mbak, kalau hanya lima biji, sini saya beri,” tulis akun Lilis Fajarwati.

Sebagai informasi, harga cabai selain rawit merah juga mengalami kenaikan. Berdasarkan hasil liputan reporter Solopos.com, Kamis (5/1/2017), cabai rawit hijau Rp55.000/kg dan cabai keriting merah Rp45.000/kg. Sedangkan Cabai merah besar dan cabai hijau besar stabil di kisaran Rp24.000/kg, cabai keriting hijau juga stabil Rp24.000/kg.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif