News
Sabtu, 7 Januari 2017 - 00:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini 7 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menara Pisa (expedia.com)

Inilah catatan peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia pada 7 Januari.

Solopos.com, SOLO – Pada 7 Januari terjadi beragam peristiwa di berbagai belahan dunia. Berikut rangkuman Solopos.com mengenai catatan peristiwa hari ini, 7 Januari yang dihimpun dari Brainyhistory, Thepeoplehistory, dan Wikipedia :

Advertisement

1789

Amerika Serikat mengadakan pemilihan umum (pemilu) untuk kali pertama. Amerika Serikat merupakan negara demokrasi representatif yang melalukan pemilu sejak disahkannya Konstitusi Amerika Serikat pada 1787.

1959

Advertisement

Pemerintah Amerika Serikat mengakui pemerintahan Kuba yang baru di bawah kepemimpinan Fidel Castro. Castro merupakan sosok revolusioner yang berusaha membangun Kuba menjadi negara maju dengan memusatkan perhatian pada pemeliharaan kesehatan dan pendidikan gratis untuk semua masyarakat.

1965

Presiden Soekarno secara tegas menyatakan Republik Indonesia keluar dari keanggotaan Perserikatabn Bangsa-Bangsa (PBB). Hal itu terjadi lantaran Malaysia diterima menjadi  anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Pasalnya, Soekarno menilai jika Malaysia merupakan negara boneka bentukan Inggris.

1984

Advertisement

Brunei Darussalam menyatakan diri bergabung dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara alias Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Brunei menjadi negara keenam yang bergabung setelah organisasi ini didirikan atas hasil kesepakatan lima negara, yakni Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura dan Thailand pada 8 Agustus 1967.

1985

Pembalap Formula 1, Lewis Carl Hamilton lahir di Stevenage, Inggris. Ia mulai menyukai dunia balap sejak berusia 8 tahun. Saat itu, ia kerap mengikuti berbagai kejuaraan yang membuat kemampuannya kian terasah. Saat beranjak dewasa, ia tercatat telah menorehkan berbagai prestasi yang membuatnya dikontrak oleh McLaren. Sejak saat itulah karier balapnya kian bersinar. Puncaknya, ia suskses menjadi pembalap kulit hitam pertama yang sukses memenangi ajang F1 pada 2008.

1989

Advertisement

Hirohito, seorang raja ke-124 dari Jepang meninggal pada usia 87 tahun akibat penyakit kanker usus yang dideritanya. Dalam sejarah raja-raja Jepang, Hirohito merupakan orang terlama yang pernah memerintah. Ia tercatat telah memerintah Negeri Sakura itu selama 63 tahun (1926-1989). Selain itu, ia merupakan salah satu tokoh penting pada massa Perang Dunia II.

1990

Pemerintah Italia menutup lokasi wisata Menara Miring Pisa sejak kali pertama didirikan pada abad ke 13. Hal itu disebabkan lantaran beberapa peneliti menilai struktur banunan tersebut sangat rapuh yang menyebabkan menara itu kian miring. Para peneliti menyebut kemiringan itu disebabkan tanah di bagian utara dan selatan menara tersebut semakin lembek.

2008

Advertisement

Njoo Kiem Bie, alias Koesbianto Setiadharma Atmaja, peblu tangkis asal Indonesia meninggal dalam usia 80 tahun akibat penyakit pengerasan hati yang dideritanya. Ia merupakan atlet bulu tangkis Indonesia pertama yang berhasil meraih trophy Piala Thomas pada 1958 di Singapura.

2009

Rusia menghentikan pengiriman pasokan gas ke Ukraina. Hal itu terjadi lantaran Ukraina belum membayar hutang kepada Gazprom, perusahaan gas alam terbesar di Rusia sebesar US$2,5 miliar, sekitar Rp33,4 triliun. Hal itu membuat sejumlah negara di Eropa turut merasakan imbasnya. Pasalnya, sebagaian besar negara di Eropa sangat bergantung pada pasokan gas alam daro Gazprom.

2014

Hillary Clinton menerima sejumlah surat elektronik dari sejumlah kelompok yang mendesaknya untuk mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat pada 2016. Desakan tersebut akhirnya dipenuhi Clinton dengan memantapkan dirinya maju di pilpres Amerika Serikat. Sayangnya, hasil pilpres tersebut menyatakan dirinya kalah dari pesaingnya, Donald Trump. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement

 

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif