Ilustrasi janin (Dailymail.co.uk) Ilustrasi janin (Dailymail.co.uk)
Sabtu, 7 Januari 2017 07:00 WIB JIBI/Solopos/Newswire Sains Share :

ALQURAN & SAINS
Penelitian Benarkan Penjelasan Alquran Soal Terbentuknya Manusia

Alquran & sains kali ini menjelaskan tentang terbentuknya manusia.

Solopos.com, JAKARTA — Ahli embriologi beranggapan tulang dan otot dalam embrio terbentuk secara bersamaan. Embriologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari perkembangan embrio dalam rahim ibu.

Sebagaimana dikutip Okezone yang diambil dari berbagai sumber, sains modern mengetahui proses penciptaan di dalam alam rahim setelah ditemukannya alat pemeriksaan canggih. Penelitian dengan mikroskop yang dilakukan menunjukkan bahwa perkembangan dalam rahim terjadi persis seperti yang digambarkan dalam ayat Alquran.

“Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang-belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik,” Surah Al Mu’minuun Ayat 14.

Sebagian orang menyatakan ayat ini bertentangan dengan ilmu pengetahuan. Namun, penelitian dengan teknologi baru telah mengungkap bahwa pernyataan Alquran adalah benar. Dijelaskan bahwa jaringan tulang rawan embrio mulai mengeras.

Kemudian, sel-sel otot yang terpilih dari jaringan di sekitar tulang bergabung dan membungkus tulang-tulang tersebut. Terbitan ilmiah menjelaskan bahwa pada akhir minggu ketujuh dan selama minggu kedelapan, otot-otot menempati posisinya di sekeliling bentukan tulang. Tahap-tahap pembentukan manusia seperti digambarkan dalam Alquran sesuai dengan penemuan embriologi modern.

lowongan pekerjaan
CV MUTIARA BERLIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…