Jogja
Jumat, 6 Januari 2017 - 10:20 WIB

APBD 2017 GUNUNGKIDUL : Wow, Anggaran Kunker Anggota DPRD Rp23 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Reuters)

APBD 2017 Gunungkidul untuk kunjungan kerja mencapai Rp23,2 miliar

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Tahun ini DPRD Gunungkidul akan menghabiskan anggaran perjalanan dinas atau kunjungan kerja (kunker) senilai Rp23,2 miliar.

Advertisement

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul Supriyadi mengatakan, lembaganya bersama Pemkab telah memutuskan besaran anggaran kunker untuk Dewan senilai Rp23,2 miliar pekan lalu. Anggaran itu menurut dia merupakan hasil efisiensi yang dilakukan pemerintah.

Mulanya, Dewan mengusulkan anggaran kunker sebesar Rp24,6 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017. Namun Gubernur DIY dalam evaluasi APBD meminta agar anggaran tersebut diefisienkan. “Jadi sudah ada pengurangan anggaran sebesar Rp1,4 miliar,” kata Supriyadi, Kamis (5/1/2017).

Dewan kata dia memangkas anggaran bimbingan teknis (bintek) bagi anggota Dewan serta anggaran pengawasan di komisi. Sedangkan puluhan miliar anggaran yang dialokasikan tahun ini sebagian besar akan terserap untuk kunjungan kerja ke luar daerah selain bintek yang tetap diagendakan.

Advertisement

“Pembahasan Raperda [rancangan peraturan daerah] itu banyak yang membutuhkan kunjungan kerja. Kalau bintek tetap banyak dianggarkan karena Dewan butuh peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Karena sekarang ini banyak peraturan yang berubah-ubah jadi perlu penyesuaian,” jelasnya lagi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif