Jogja
Kamis, 5 Januari 2017 - 22:20 WIB

CUACA EKSTREM : Puluhan Pohon di Sleman Tumbang

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pohon tumbang. (Chrisna Canis Cara/JIBI/Solopos)

Cuaca ekstrem berupa angin kencang menyebabkan banyak pohon tumbang

Harianjogja.com, SLEMAN- Hujan lebat disertai angin kencang kembali menerjang wilayah Sleman. Jika Rabu (4/1/2017) bencana angin kencang hanya melanda wilayah Seyegan dan Tempel, peristiwa pada Kamis (5/1/2017) petang terjadi di sejumlah kecamatan.

Advertisement

Di wilayah Mlati, tepatnya di jalan Kebonagung dan Selatan Pasar Cebongan dua titik lokasi pohon tumbang. Pohon tumbang melintang di jalan itu menyebabkan akses warga baik yang ke arah maupun dari Polsek Cebongan sempat terputus. Antrean kendaraan sempat terjadi hampir satu jam lebih sebelum ditangani petugas BPBD, relawan dan warga.

Selain di Cebongan, pohon kelapa tumbang menimpa rumah  di Dusun Tumut Sumberadi, Mlati. Beberapa pohon juga tumbang melintang di wilayah Pangukan, Sleman. Angin kencang juga merobohkan pohon jati berdiameter 30 cm. Tumbangnya pohon tersebut menimpa rumah salah seorang warga di Dusun Jowah Sidoluhur Godean. Belum dilaporkan adanya korban jiwa dan material akibat peristiwa itu.

Menurut Kepala BPBD Sleman Joko Supriyanto, bencana angin kencang yang terjadi Kamis (5/1/2017) sore tercatat di lebih 25 titik. Paling parah, katanya, terjadi di wilayah Seyegan dan Mlati.

Advertisement

“Kami masih melakukan inventarisasi. Malam ini saya langsung rapat bersama kepala desa dan para camat untuk mengantisipasi masalah ini,” kata Joko saat dihubungi Kamis malam.

Saat bencana terjadi dan banyak laporan pohon yang tumbang, kata Joko, pihaknya langsung mengerahkan tim reaksi cepat penanganan bencana dan relawan. Mereka menangani pohon-pohon yang tumbang di jalanan agar akses jalan warga tidak terganggu. “Selain jalan, banyak pohon yang menimpa rumah warga,” ujarnya.

Di sekitar Depok dan Ngaglik, beberapa baliho berukuran kecil juga terlihat rusak akibat tidak kuat menahan kencangnya angin. Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di wilayah Godean. “Jumlah titik lokasi pohon tumbang akibat angin kencang sore ini (kemarin) lebih banyak dibandingkan sebelumnya,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan.

Advertisement

Menurut Makwan, selain Godean, Seyegan dan Mlati, beberapa pohon tumbang di Depok, Ngaglik dan Sleman. Pihaknya masih melakukan inventarisasi data kerusakan yang ditimbulkan akibat peristiwa itu. “Kami masih rapatkan dengan masing-masing camat. Yang jelas, proses evakuasi masih terus berjalan,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif