News
Rabu, 4 Januari 2017 - 20:00 WIB

Wisatawan Asal Solo Tewas Tepeleset dari Tebing Pura Uluwatu Bali

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Proses evakuasi wisatawan Solo di Pura Uluwatu Bali. (basarnas.go.id)

Wisatawan asal Solo tewas di Bali.

Solopos.com, BADUNG — Wisatawan asal Solo, Kwan Anto Randy Saputro, 57, tewas terjatuh dari tebing Pura Uluwati, Kuta Selatan, Badung, Bali, Rabu (4/1/2016) siang.

Advertisement

Anto yang tengah berlibur dengan istrinya, Auw Jang Phin Khuan, 51, jatuh dari ketinggian 100 meter dari pura itu. Informasi dari website resmi Basarnas.go.id menyebutkan Basarnas Kantor SAR Denpasar menerima laporan kejadian dari Made Sumerta selaku pengelola tempat wisata sekitar pukul 12.15 Wita.

Sumerta menjelaskan kondisi korban terlihat sudah tak bergerak dan terapung-apung di laut. Dalam website itu disebutkan Anto merupakan warga asal Solo. Menurut saksi mata Saputro  sempat melewati batas pagar, Anto berdiri terlau ke pinggi kemudian dia terpeleset dan terjatuh ke jurang.

Tim SAR segera meluncur pada pukul 12.30 WIB ke lokasi. Sebanyak 25 personel dikerahkan. Kepala Seksi Operasi SAR, Gede Darmada, turun langsung memimpin sebagai on scene commander.

Advertisement

Kondisi saat itu air mulai pasang dengan kemiringan tebing cukup curam, hanya bisa diakses dari atas. Sempat diturunkan dua orang rescue dari arah samping menuruni tebing untuk mengamankan posisi korban yang berada 20 meter dari bibir pantai, namun sulit dan tak bisa menjangkau korban karena air mulai pasang.

Akhirnya diputuskan untuk menggunakan tehknik vertical rescue. Satu orang rescuer diturunkan.“Nyawa anak buah saya mnejadi taruhannya, tebing 100 meter terlebih medannya curam memiliki risiko tinggi. Saya harus pastikan ia melakukan evakuasi dengan aman, oleh karenanya proses evakuasi dilakukan sangat hati-hati dan melibatkan hingga 24 rescuer bersama potensi SAR lainnya,” ungkap Darmada.

Setelah dua jam proses evakuasi korban akhirnya berhasil ditarik. Jasad korban dibawa menuju Rumah Sakit Umum Sanglah dengan menggunakan ambulans milik BPBD Badung.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif