Sport
Selasa, 3 Januari 2017 - 14:15 WIB

LIGA INGGRIS : Untungkan MU, Wasit Mike Dean Panen Kritik

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wasit Liga Premier Inggris, Mike Dean. (Reuters / Matthew Childs)

Liga Inggris diwarnai dengan wasit Mike Dean yang mendapat kritik.

Solopos.com, LONDON – Wasit yang memimpin duel West Ham United melawan Manchester United, Mike Dean, panen kritik. Hal itu lantaran dia membuat sejumlah keputusan yang menguntungkan MU dan merugikan sang tuan rumah.

Advertisement

Dalam pertandingan yang digelar di London Stadium, Selasa (3/1/2017) dini hari WIB, West Ham harus kalah dari MU dengan skor 0-2. Kekalahan itu tak terlepas dari dikartu merahnya pemain West Ham, Sofiane Feghouli, saat pertandingan baru berjalan 15 menit. Kalah jumlah pemain membuat gawang West Ham dibobol oleh Juan Mata dan Zlatan Ibrahimovic.

Sorotan datang untuk Mike Dean. Kartu merah yang ia berikan kepada Feghouli dinilai salah. Salah satu yang mengkritik keputusan Dean adalah mantan pemain MU, Garry Neville. Menurutnya, keputusan wasit tersebut memberi kartu merah kemungkinan karena dipengaruhi oleh ekspresi Phil Jones yang berlebihan.

“Saya pikir hal anehnya adalah, melihat tayangan ulang, ketika seorang wasit tahu itu adalah kartu merah, saya tak cukup yakin kenapa Dean melihat ke belakang seolah-olah permainan akan terus berjalan,” ujar Neville seperti dikutip dari Sky Sports.

Advertisement

“Itu berarti dia tidak langsung berpikir soal tabrakan itu. Saya pikir itu mungkin itu karena pemain-pemain Manchester United, reaksi Phil Jones, Feghouli kebablasan membawa bola dan menjatuhkan diri ke arah Phil Jones. Mereka berdua saling menerjang satu sama lain, dan Phil Jones mendapatkan efek lebih buruk. Mungkin karena reaksi itu, tapi jika Anda melihat Mike Dean. Bagi saya itu bukan kartu merah.”

Tak hanya Neville, sejumlah mantan pemain Liga Premier Inggris juga mengalamtkan kritik kepada Mike Dean. Mereka adalah Gary Lineker, Alan Shearer, dan John Arne Riise lewat Twitter.

“Itu adalah kartu merah yang absurd. Keputusan yang konyol. Mike Dean sudah menjatuhkan Feghouli yang sebenarnya,” kata Lineker.

Advertisement

“Sebuah kesalahan besar lainnya dari seorang wasit. Liga terbaik di dunia, tapi standar perwasitan tidak mengimbangi. Bereskan anak buahmu #mikeriley #WHUMUN,” tulis Shearer.

“Mike Dean sudah habis! Sangat sangat buruk! Dia memburuk dan memburuk setiap pekannya. Tolong ambil peluit darinya,” kata Riise.

Satu keputusan kontroversial lainnya yang dilakukan Mike Dean adalah mengesahkan gol kedua MU. Padahal dalam tayangan ulang, terlihat jelas Ibrahimovic berada dalam posisi offside.

Offside yang sangat jelas untuk gol kedua. Ketika pemain-pemain sedang berlari, memang sulit untuk wasit. Saya orang pertama yang mengatakannya. Namun, para pemain saat itu sedang berjalan. Mereka harusnya tahu,” kata pelatih West Ham, Slaven Bilic.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif