Jogja
Selasa, 3 Januari 2017 - 08:20 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Cabai Mahal, Pengusaha Ayam Goreng Tolak Pesanan Sambal

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang sayuran di Pasar Beringharjo Timur, Sut, menjual cabai rawit dan cabai merah keriting di losnya, Senin (2/1/2017). Saat ini komoditas tersebut mengalami kenaikan harga. (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Harga kebutuhan pokok untuk cabai mengalami kenaikan signifikan

Harianjogja.com, JOGJA — Harga cabai mengalami kenaikan cukup signifikan. Pedagang memprediksi kenaikan terjadi karena petani libur petik. Kenaikan tidak hanya terjadi pada cabai rawit tetapi juga cabai merah keriting. Bahkan kenaikan cabai merah keriting paling banyak.

Advertisement

Pedagang di Pasar Beringharjo Timur bernama Sut menyampaikan meski harga cabai naik, situasi ini tak akan bertahan lama. Dalam waktu dekat menurut dia, tidak terjadi kenaikan lagi karena petani sudah kembali beraktivitas memetik cabai. Dalam sehari, ia bisa menjual cabai rawit sampai 50 kg dan cabai keriting 30 kg. Ia mendapatkan cabai-cabai tersebut dari daerah Muntilan.

Mahalnya harga cabai mempengaruhi produktivitas sambal di kalangan pengusaha ayam goreng. Giyanti misalnya, pengusaha ayam goreng asal Desa Bimomartani, Ngemplak, Sleman ini sampai menolak pesanan sambal karena harga bahan bakunya mahal. Biasanya, selain menerima pesanan ayam goreng, ia juga menyajikan paket sambal.

“Untuk sementara ini absen dulu. Lha cabainya saja mahal. Daripada tidak untung mending melayani ayam gorengnya saja,” ujar dia.

Advertisement

Berbeda dengan cabai yang harganya semakin tinggi, komoditas bawang merah justru stabil pada Tahun Baru ini. Slamet, salah satu pedagang bawang merah di Pasar Beringharjo Timur menjual bawang merah jenis Burma seharga Rp20.000 per kg, jenis karet Temanggung Rp25.000 per kg, dan paling mahal dari Brebes Rp27.000 [per kg].

“Sekarang harganya stabil. Kemarin-kemarin ya sampai Rp35.000,” ujarnya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif