News
Selasa, 3 Januari 2017 - 10:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini 3 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Benito Mussolini (Hollowverse.com)

Inilah catatan peristiwa dunia hari ini 3 Januari.

Solopos.com, SOLO – Hari ini 3 Januari terjadi beragam peristiwa di berbagai belahan dunia. Solopos.com merangkum catatan peristiwa hari ini, 3 Januari dihimpun dari Wikipedia, Brainyhistory, dan Thepeoplehistory:

Advertisement

1828
Penguasa Kesultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwana II yang memerintah selama tiga periode meninggal dalam usia 78 tahun. Ia adalah putra kelima Sultan Hamengkubuwana I dari permaisuri Gusti Kanjeng Ratu Hageng yang diberi nama Gusti Raden Mas Sundara.

1924
Penemuan sarkofagus, alias batu yang dipakai untuk menyimpan jenazah berisi mumi Firaun Tutankhamun di kawasan Luxoe, Mesir. Tutankhamun adalah Firaun dari dinasti ke-18 yang memerintah pada masa Kerajaan Baru Mesir (1333 SM-1324 SM).

Advertisement

1924
Penemuan sarkofagus, alias batu yang dipakai untuk menyimpan jenazah berisi mumi Firaun Tutankhamun di kawasan Luxoe, Mesir. Tutankhamun adalah Firaun dari dinasti ke-18 yang memerintah pada masa Kerajaan Baru Mesir (1333 SM-1324 SM).

1925
Bennito Mussolini mengumumkan kekuasaannya sebagi pemimpin dikatator di Italia. Seorang pemimpin partai fasis itu dipilih menjadi penguasa Italia oleh Raja Romawi,  Vittorio Emanuele III.

1931
Pemain bulu tangkis asal Indonesia,  Ferdinand Alexander Sonneville lahir di Jakarta pada 3 Januari 1931. Ia merupakan atlet bulu tangkis Indonesia yang terkenal di era 1955-1967. Ia juga sempat menjadi ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia tahun 1970. Selain itu, ia juga dikenal sebagai salah satu pelopor seni bela diri Judo dan Jujutsu di Indonesia.

Advertisement

1969
Penyanyi John Lennon meluncurkan album baru bertajuk Two Virgins. Sayangnya, album tersebut menuai kontroversi dan tidak boleh diperjualbelikan di Amerika Serikat. Pasalnya, sampul album tersebut dihiasi dengan John Lenon dan Yoko Ono yang tanpa busana. Hal itu membuat pihak pengelola Bandara Newark, Amerika Serikat menyita puluhan ribu kaset yang rencananya akan dijual. Tak hanya itu, salah satu toko kaset di Chicago, Amerika Serikat terpaksa ditutup oleh petugas lantaran nekat menjual kaset album yang dianggap mengandung unsur pornografi itu.

1977
Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne mendirikan Apple Computer Inc, sebuah perusahaan komputer yang berbasis di California, Amerika Serikat pada 3 Januari 1977. Kini, perusahaan itu telah menjadi salah satu produsen perangkat elektronik terbesar dan terlaris di dunia.

1980
Pemerintah Afghanistan membela tindakan sejumlah anggota militer Uni Soviet yang menginvansi wilayah mereka. Pemerintah berdalih, tindakan tentara Uni Soviet itu tidak membahayakan. Lebih lanjut, pemerintah menyatakan jika pasukan Uni Soviet datang guna melindungi Afghanistan dari ancaman negara lain.

Advertisement

1993
Presiden Amerika Serikat, George Bush dan Presiden Federasi Rusia, Boris Yeltsin menandatangani pakta Strategic Arms Reduction Treaty kedua di Moskow, Rusia. Perjanjian itu berisi kesepakatan kedua negara untuk mengurangi penggunaaan senjata nuklir yang kerap membuat masyarakat di berbagai belahan dunia menjadi cemas.

2009
Tentara Israel melakukan penyerangan ke Jalur Gaza, Palestina. Saat itu, pasukan Israel menggempur pasukan Hamas di Jalur Gaza melalui jaur darat memakai tank yang dilengkapi dengan meriam. Pertempuran sengit itu kabarnya memakan banyak korban. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif