Jateng
Senin, 2 Januari 2017 - 11:50 WIB

KULINER GROBOGAN : Sayur Becek, Kuliner Sedap Khas Grobogan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - tampilan karya kuliner khas Grobogan, sayur becek. (Ragamkuliner.com)

Kuliner Grobogan bernama sayur becek memiliki rasa yang nikmat, berbeda dengan namanya.

Semarangpos.com, PURWODADI – Sayur becek, mendengar nama salah satu karya kuliner khas Grobogan ini mungkin membuat tak bergairah untuk menikmatinya. Namun siapa sangka, di balik namanya yang terkesan memiliki konotasi yang menjijikkan itu, sayur becek ternyata memiliki rasa yang lezat.

Advertisement

Sayur becek hampir mirip dengan sop iga. Hidangan ini didominasi tulang iga sapi dengan kuah yang cukup berlimpah. Jika dimasak dengan tepat, cita rasa iga yang gurih ditambah segarnya kuah terasa begitu menggoda.

Seperti dikutip Semarangpos.com dari Ragamkuliner.com, pada awalnya salah satu kuliner khas Grobogan ini hanya ada di kawasan marginal saat sedang ada acara kenduri. Namun kini, makanan berkuah yang dipenuhi dengan tulang iga sapi ini sudah layak menjadi sajian di hotel berbintang.

Sayur becek biasanya disajikan bersama kering tempe dan kacang tolo. Letak kenikmatan dari makanan ini adalah pada racikan bumbunya yang membuat para penikmat sayur tak akan pernah berhenti menggigit tulang demi tulang iga yang terbalut daging.

Advertisement

Bahan dan pengolahan Sayur becek terbilang cukup mudah. Bumbu yang digunakan di antaranya adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan cabai. Bumbu-bumbu tersebut kemudian ditumbuk menjadi satu dan dimasukkan dalam rebusan tulang iga. Agar rasa dan aromanya makin menggoda, biasanya sayur ini ditambahkan daun kedondong dan daun dayakan.

Jika ingin menikmati sayur becek, dapat langsung menuju kawasan Kecamatan Purwodadi dan Kecamatan Kradenan yang banyak terdapat warung makan sayur becek. Jika mengunjungi kawasan Kradenan, pengunjung dapat menikmati karya kuliner khas Grobogan ini sambil melihat keunikan alam yang dikenal dengan Bleduk Kuwu. Di dekat kawasan wisata Bleduk Kuwu yang terdapat di Kecamatan Kradenan, terdapat beberapa warung yang menyajikan sayur becek khas Grobogan. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif