Jogja
Senin, 2 Januari 2017 - 01:20 WIB

KISAH INSPIRATIF : Komunitas Jogja Garuk Sampah Sapu Bersih Malioboro

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Komunitas Jogja Garuk Sampah tengah membersihkan sampah di kawasan Malioboro yang ditinggalkan wisatawan saat malam pergantian tahun. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Kisah Inspiratif mengenai keberadaan komunitas yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat

Harianjogja.com, JOGJA — Ada yang berbeda pada malam pergantian tahun di kawasan Malioboro pada Sabtu (31/12/2016) tengah malam. Disaat ribuan pengunjung mulai meninggalkan Malioboro secara berangsur-angsur, puluhan pemuda pemudi justru masih bertahan.

Advertisement

Bertahan bukan diam. Melainkan sibuk mempersiapkan trash bag atau kantong plastik besar, sapu, sarung tangan, dan alat capit dari bambu. Tepat sekitar pukul 00.20 WIB, mereka langsung memunguti sampah yang ditinggalkan para pengunjung.

Ada 42 pemuda pemudi yang menyisir kawasan Malioboro mulai dari Simpang Teteg sampai Titik Nol Kilometer yang terbagi beberapa tim. Kurang dari sejam, kawasan tersebut pun terlihat bersih dari sampah. Lebih kurang 20 kantong plastik sampah yang berhasil dikumpulkan. Sebagian besar sampah plastik, botol bekas minuman, dan kertas bekas kembang api.


Komunitas Jogja Garuk Sampah tengah membersihkan sampah di kawasan Malioboro yang ditinggalkan wisatawan saat malam pergantian tahun. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Advertisement

Pemuda pemudi yang bersih-bersih Malioboro tersebut tergabung dalam komunitas Jogja Garuk Sampah, mahasiswa pecinta alam, dan para pelajar.

“Saya diajak teman-teman lewat media sosial, saya mau karena ini bagian dari aksi sosial yang nyata,” kata Erwin Apriadi, mahasiswa APMD.

Mahasiswa pecinta alam ini sudah terbiasa bersih-bersih sampah di pantai dan gunung. Namun baru kali ini ikut membersihkan kawasan Malioboro. Ia menilai masih banyak masyarakat yang belum sadar buang sampah pada tempatnya. Terbukti banyaknya sampah yang ditinggalkan usai pesta malam tahun baru.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif