Jogja
Senin, 2 Januari 2017 - 21:55 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Awal Tahun, Cabai Tambah Mahal

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang sayuran di Pasar Beringharjo Timur, Sut, menjual cabai rawit dan cabai merah keriting di losnya, Senin (2/1/2017). Saat ini komoditas tersebut mengalami kenaikan harga. (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Harga kebutuhan pokok untuk cabai mengalami kenaikan signifikan

Harianjogja.com, JOGJA — Harga cabai mengalami kenaikan cukup signifikan. Pedagang memprediksi kenaikan terjadi karena petani libur petik. Kenaikan tidak hanya terjadi pada cabai rawit tetapi juga cabai merah keriting. Bahkan kenaikan cabai merah keriting paling banyak.

Advertisement

Pedagang di Pasar Beringharjo Timur bernama Sut mengatakan kenaikan terjadi sejak Senin (2/1/2017) pagi.

“Kemarin [Minggu] saya masih jual yang keriting itu Rp30.000, mulai pagi ini [Senin] sudah Rp40.000,” katanya pada Harianjogja.com, Senin.

Sementara untuk cabai rawit hijau dan merah sama-sama naik Rp5.000 per kilogram. Cabai rawit hijau saat ini menjadi Rp60.000 sementara cabai rawit merah menjadi Rp80.000 per kg.

Advertisement

Sut memprediksi kenaikan harga cabai ini karena banyak petani yang libur petik selama Tahun Baru kemarin. Hal itu pun membuat pasokan cabai untuk pedagang menjadi berkurang.

“Padahal permintaannya kemarin tinggi, buat masak-masak. Akibatnya [pasokan minim dan permintaan tinggi] ya naik harganya,” kata Sut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif