Teknologi
Senin, 2 Januari 2017 - 19:46 WIB

Foxconn Ingin Ganti Pekerja Manusia dengan Robot

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi robot (occupycorporatism.com)

Foxconn ingin menggantikan pekerja manusia dengan robot untuk mempercepat produktivitas.

Solopos.com, SOLO – Foxconn dikabarkan akan mengurangi jumlah pekerja manusia dan menggantikannya dengan robot. Langkah ini ditempuh atas tren yang berkembang dalam industri teknologi untuk mempercepat produktivitas perusahaan dan menghemat biaya operasional produksi.

Advertisement

Dai Jia-peng, General Manager Foxconn’s Automation Technology Development Committee, mengatakan perusahaannya akan mengatur otomatisasi pabrik dalam tiga tahap.

Tahap pertama, dijelaskan Dai Jia-peng, pabrik asal Taiwan ini akan dilengkapi dengan robot di workstation individu. Robot ini akan menangani tugas-tugas yang terlalu berbahaya bagi manusia atau hal-hal yang biasanya enggan dilakukan oleh manusia.

Tahap kedua menerapkan robot di seluruh lini produksi. Di tahap terakhir, hanya beberapa staf yang akan memegang peran dalam operasional produksi seperti logistik, inspeksi, dan quality control.

Advertisement

Sebagaimana dilansir Okezone dari Digital Trends, Sabtu (31/12/2016), beberapa pabrik telah mencapai fase ketiga seperti di Chengdu, Shenzen, dan Zhengzhou.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif