Soloraya
Senin, 2 Januari 2017 - 08:10 WIB

DPU Wonogiri Gerak Cepat Sampah Pesta Tahun Baru 2017 Bersih Seketika

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pekerja membongkar tenda di depan panggung Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Minggu (1/1/2016). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Pesta tahun baru 2017 berakhir.

Solopos.com, WONOGIRI — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri bergerak cepat mengatasi sampah yang menumpuk di kawasan Alun-Alun Giri Krida Bakti seusai digelarnya kegiatan malam pergantian tahun, Wonogiri Night Carnival (WNC), Sabtu (31/12/2016). Alun-alun yang kini berwajah baru itu sudah bersih pada Minggu (1/1/2016) pagi.

Advertisement

Pantauan Solopos.com di lokasi, Minggu pukul 08.00 WIB tidak ada sampah di alun-alun maupun sekitar alun-alun. Sudah tidak ada aktivitas pembersihan.

Informasi yang dihimpun Solopos.com petugas kebersihan selesai membersihkan sampah sebelum pukul 08.00 WIB. Aktivitas yang terlihat di alun-alun hanya petugas yang membongkar tenda di halaman dan panggung alun-alun.

Pekerja yang sedang membongkar tenda, Triyono, menginformasikan sejak pukul 07.00 WIB alun-alun tidak ada sampah lagi. Padahal, semalam sebelumnya sampah sangat banyak. Dia mengapresiasi kinerja DPU yang cepat menerjunkan petugas kebersihan di lokasi.

Advertisement

“Diharapkan kinerja seperti ini terus berlanjut. Alun-alun ini kan ada di tengah kota. Jadi, sebelum banyak warga dan pengguna jalan alun-alun harus bersih,” kata dia.

Panitia WNC dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Sriyono, menuturkan petugas kebersihan DPU terjun ke lokasi sejak pukul 05.00 WIB. Puluhan petugas bahu membahu membersihkan sampah. Tak berselang lama sampah sudah terangkut semua. Menurut dia pembersihan sampah sudah dikondisikan sedemikian rupa sejak awal.

“Setiap ada kegiatan pasti menyisakan sampah. Setelah WNC usai sampah sangat banyak. Tapi pagi tadi sampah langsung dibersihkan,” ulas Sriyono.

Advertisement

Dia melanjutkan kegiatan WNC sangat meriah. Pada puncak pergantian tahun digelar pesta kembang api. Ribuan orang memenuhi alun-alun dan sekitarnya. Akibatnya, jalan sekitar alun-alun cukup macet.

Sementara itu, Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPU Wonogiri, Toto Prasojo, yang dimintai konfirmasi hingga berita ini ditulis tidak dapat dihubungi. Pesan singkat (SMS) yang Espos kirim juga tidak direspons. Alhasil, belum diketahui volume sampah yang terdapat di alun-alun seusai WNC.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif