Ilustrasi bir Her Raiser (JIBI_Kabar24) Ilustrasi bir Her Raiser (JIBI_Kabar24)
Jumat, 30 Desember 2016 05:20 WIB Mediani Dyah Natalia/JIBI/Harian Jogja Kesehatan Share :

TIPS DIET
Bir Dapat Mengurangi Jumlah Kalori dalam Makanan

Tips diet mengenai penggunaan bir sebagai pengganti minyak.

Solopos.com, LONDON — Bagi Anda, bir mungkin bukanlah bahan utama untuk mendapatkan makanan sehat. Adapun penelitian terbaru mampu memberikan rekomendasi yang mengejutkan.

Dailymail, Rabu (28/12/2016) mengatakan masak menggunakan bir menjadi tren saat ini. Misalnya saja ayam panggang bir ataupun penggunaan bir hitam untuk cake coklat.

Kini, berdasarkan keterangan seorang pakar gizi, mengganti minyak dengan bir di masakan dapat mengurangi jumlah kalori.

Adalah Toby Amidor. Seorang ahli diet tersertifikat sekaligus penulis buku resep The Greek Yogurt Kitchen mengatakan bir memiliki suatu kandungan yang lebih sehat.

Kepada Self Maagzine, dia menjelaskan,”Minyak mengandung 120 kalori per sendok makan. Jika bir reguler mengandung 150 kalori, ketika dimasak, misal untuk daging, Anda akan mengkonsumsi 75 kalori per sendok makan. Selain sehat, Anda mendapatkan rasa yang lebih enak,” terang dia.

“Ketika memasak, panas dapat menghilangkan nutrisi pada makanan, misalnya vitamin dan mineral. Namun bir mampu menahan [nutrisi] dan alkohol akan menguap,” imbuhnya.

Bahkan, tegas dia, bir dapat mendongkrak kesehatan. Sebab minuman ini mengandung vitamin B, magnesium, fosfor dan selenium.

Minuman keras selama ini diketahui publik sebagai satu penyebab mundurnya kesehatan. Adapun dengan tingkat konsumsi yang cukup, bir dapat mengurangi risiko sakit jantung.

Pakar dari Universitas Pennsylvania menyatakan meminum bir hitam ale atau stout dapat melindungi Anda dari serangan jantung. Bahkan bir dapat menguatkan tulang lantaran kaya silikon dan mampu membantu pertumbuhan.

Menambahkan sekaleng bir dalam masakan ayam panggang dapat memberikan rasa lebih kaya. Alkohol akan menguap tetapi membuat daging menjadi lebih lembut, mengandung banyak air dan mencegah ayam dari rasa kering.

Memasak daging dengan ale daripada menambah anggur atau cabai, rebusan atau burger Anda akan terasa kaya.

Meski cake coklat bukanlah opsi yang sehat, tetapi menambah bir dapat membuat makanan Anda lebih sehat. Ditambah dengan sentuhan cream, cake coklat Anda akan terlihat mengesankan.

Lowongan Pekerjaan
PT. KARTINI TEH NASIONAL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


3

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…