Rina Nose membela Fakhrul Razi yang menghina Instagramer di akun Instagramnya. (Istimewa/Instagram) Rina Nose membela Fakhrul Razi yang menghina Instagramer di akun Instagramnya. (Istimewa/Instagram)
Jumat, 30 Desember 2016 15:30 WIB Holy Kartika N.S./JIBI/Solopos Internet Share :

SERBA LIMA
Inilah 5 Topik Terpopuler di Indonesia Sepanjang Tahun 2016

Pokemon Go, Gerhana Matahari, dan Donald Trump ternyata menjadi yang terpopuler di Indonesia sepanjang 2016.

Solopos.com, SOLO – Google merilis daftar Year in Search 2016 yang meliputi pencarian peristiwa, tokoh hingga berita-berita yang membuat tren penelurusan paling tinggi di Indonesia selama setahun.

Seperti ditulis dalam rilis yang dikirimkan Google, tahun lalu demam batu akik dan kue cubit menjadi dua topik paling populer. Keduanya menempati posisi teratas dalam daftar Google Year in Search 2015. 

Sedangkan tahun ini, ada 16 ketegori yang dibagikan dengan daftar utama Tren Penelusuran Terpopuler secara urut diisi oleh Pokemon Go, Gerhana Matahari, Timnas Indonesia, Gempa Aceh, Donald Trump, Mukidi, Demo 4 November, Rio Haryanto, Jessica Kumala Wongso dan Joey Alexander.

Dihimpun Solopos.com dari laman Google Trends, Jumat (30/12/2016), inilah beberapa hal unik dari tren pencarian terpopuler di Google sepanjang tahun 2016;

Pokemon Go

Games besutan Niantic, Pokemon Go memang menjadi game fenomenal sepanjang tahun ini. Game yang pertama kalinya memperkenalkan teknologi augmented reality atau AR ini membuat banyak orang dari berbagai kalangan dan usia tergoda untuk memainkannya. Tak jarang game ini banyak memunculkan kejadian-kejadian unik hingga tragis. Karena permainan ini merupakan jenis game interaktif, di mana pemainnya akan serasa diajak menangkap Pokemon di dunia nyata.

Gerhana Matahari

Gerhana Matahari di Indonesia yang terjadi pada 9 Maret lalu menjadi fenomena alam yang paling banyak ditelusuri di mesin pencarian Google sepanjang tahun ini. Gerhana Matahari Total itu juga mendapat banyak sorotan dari berbagai belahan dunia. Pasalnya, bagi Indonesia GMT ini adalah kali kedua sejak 11 Juni 1983. Fenomena langka ini diprediksi akan dapat dinikmati lagi pada tahun 2023 mendatang.

Timnas Indonesia

Tim sepak bola nasional Indonesia tahun ini banyak mendapat perhatian. Dunia sepakbola Indonesia mulai kembali bergairah pasca pencabutan sanksi oleh Fédération Internationale de Football Association (FIFA). Bahkan, kesempatan bagi Tim Garuda untuk kembali merumput di laga Piala AFF 2016 seolah membangkitkan kembali semangat nasionalisme bangsa ini untuk mendukung para punggawa Timnas bertanding di ajang tersebut. Tak heran cuitan hingga pencarian kata Timnas Indonesia masuk dalam daftar utama Tren Penelusuran Terpopuler Google.

Gempa Aceh

Gempa bumi yang melanda Tanah Rencong, Aceh dengan kekuatan 6,5 skala Richter pada 7 Desember lalu menjadi duka Indonesia di penghujung tahun. Kendati baru terjadi di bulan ini, tapi ternyata penelusuran Google ramai pencarian tentang gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Gempa tersebut telah merusak banyak bangunan dan mengakibatkan sedikitnya 104 korban jiwa.

Donald Trump

Pengusaha yang juga Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump tengah mendapat sorotan tajam, tidak hanya oleh warga Amerika tetapi juga dunia. Sepak terjang Trump yang diketahui memiliki banyak kontroversi itu mengundang banyak orang penasaran dengan sosoknya. Selama pemilu dan kampanye pemilihan Presiden Amerika Serikat, Trump tak henti-hentinya memunculkan banyak pernyataan kontroversial. Hal inipun memicu banyak reaksi di dunia maya dan menarik perhatian publik dunia, termasuk Indonesia.

lowongan kerja
lowongan kerja Distributor SASA & SALONPAS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


2

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…