Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyosialisasikan #LaporHendi. (Instagram.com) Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyosialisasikan #LaporHendi. (Instagram.com)
Jumat, 30 Desember 2016 08:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

Karang Taruna Diandalkan Wali Kota Semarang Pelopori Perubahan

Karang Taruna diharapkan Wali Kota Semarang mampu berperan menjadi pelopor perubahan.

Solopos.com, SEMARANG — Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengajak para pemuda menjadi pelopor perubahan demi mengembangkan potensi di wilayah masing-masing. “Pemuda memiliki peran penting dalam mendukung program pembangunan yang ada di Kota Semarang,” katanya saat berdialog dengan warga Wonoplumbon, Mijen, Kota Semarang, Kamis (29/12/206).

Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—menceritakan pengalamannya saat menjadi ketua Karang Taruna di tingkat kelurahan yang terus aktif berkoordinasi dengan kelurahan setempat. Dengan koordinasi yang intens, kata dia, peran Karang Taruna kelurahan yang dipimpinnya mendapatkan support penuh dari lurah setempat sehingga berbagai kegiatannya berjalan maksimal.

“Kami juga ingatkan para pengurus Karang Taruna di sini [Kelurahan Plumbon] untuk aktif berkoordinasi juga dengan pengurus karang taruna tingkat kecamatan,” katanya. Melalui komunikasi dan koordinasi yang baik, menurut Hendi, berbagai program Karang Taruna untuk mengatasi permasalahan yang terjadi wilayah mereka akan mudah terlaksana dan tepat sasaran.

Hal itu, menurut Hendi sekaligus menjawab pertanyaan dari Ketua Karang Taruna Kelurahan Plumbon, Mustari, mengenai tips untuk mengembangkan dan memajukan organisasi pemuda yang diketuainya. “Yang jelas, Pemerintah Kota Semarang sangat mendukung peran serta para pemuda dalam membangun Kota Semarang. Makanya, peran pemuda sebagai pelopor perubahan sangat dibutuhkan,” katanya.

Selain tips memajukan organisasi dan wilayahnya, Mustari pada kesempatan itu juga mengusulkan bantuan pondokan yang bisa digunakan warga berjualan untuk menghidupkan roda perekonomian. Menanggapi usulan itu, Hendi mengajak pengurus karang taruna untuk dapat memulai dari hal-hal yang sederhana, seperti menggerakkan anak-anak muda untuk berwirausaha kecil-kecilan.

“Anak-anak muda di sini bisa diajak dan digerakkan untuk mengolah hasil-hasil pertanian, seperti singkong. Tentunya, ini aspek wirausaha yang strategis,” katanya.

Jika aktivitas wirausaha anak-anak muda tersebut berjalan baik, Pemkot akan membantu membangun pondokan maupun fasilitas-fasilitas penunjang lainnya untuk masyarakat Wonoplumbon. “Kami sangat mendukung. Nantinya, kawasan Wonoplumbon yang berbukit-bukit ini juga bisa dikembangkan sebagai area wisata automotif yang atraktif dan menarik,” pungkas Hendi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan kerja
lowongan kerja BMT DINAR MULYA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

senin 5 juni

Kolom

GAGASAN
Pancasila Harus Satu Kesatuan

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Senin (12/6/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro yang bekerja sebagai editor buku di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com Solopos.com, SOLO–Jika dibandingkan beberapa tahun lalu, tampaknya kedudukan Pancasila pada tahun ini berada di…