Entertainment
Kamis, 29 Desember 2016 - 14:45 WIB

SERBA LIMA : Inilah 5 Film Dengan Biaya Produksi Termahal 2016

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Captain America Civil War (Marvel Studios)

Serba lima kali ini tentang nominal biaya produksi sebuah film.

Solopos.com, SOLO – Film merupakan karya seni yang proses produksinya memerlukan serangkaian langkah yang panjang dan terstruktur. Tenaga kerja dalam satu film bisa mencapai ratusan hingga ribuan orang. Oleh karena itu biaya produksi film sangatlah besar. Berbicara mengenai biaya produksi film, apa ya film dengan biaya produksi termahal tahun ini?

Advertisement

Selain biaya honor para artis dan kru produksi film, biaya terbesar dalam produksi film adalah saat proses penyuntingan. Penyesuaian warna, penyempurnaan suara, hingga penampahan efek visual adalah tahap-tahap produksi yang berbiaya besar.

Untuk film Hollywood, biaya trilyunan rupiah merupakan hal biasa. Dihimpun Solopos.com dari Thenumbers.com, Rabu (28/12/2016), inilah film-film dengan biaya produksi termahal tahun 2016.

Advertisement

Untuk film Hollywood, biaya trilyunan rupiah merupakan hal biasa. Dihimpun Solopos.com dari Thenumbers.com, Rabu (28/12/2016), inilah film-film dengan biaya produksi termahal tahun 2016.

Captain America: Civil War

Film ini merupakan film ketiga dari petualangan Captain America dan film ke-12 rangkaian Marvel Cinematic Universe. Film yang disutradarai Joe dan Anthony Russo ini menghabiskan biaya produksi sebesar US$ 250 juta atau setara dengan Rp3,3 triliun. Film ini didampingi Batman v Superman: Dawn of Justice menjadi film dengan biaya produksi terbesar tahun 2016.

Advertisement

Berjarak 13 tahun dari film pertama Finding Nemo, film animasi Disney ini meraih sukses besar. Hal itu bisa dilakukan dengan biaya produksi yang tidak murah. Film yang disutradarai oleh Andrew Stanton dan Angus MacLane menghabiskan biaya produksi US$200 juta atau setara dengan Rp2,6 triliun. Mirip seperti peringkat pertama, Finding Dory tidak sendiri, Rogue One: A Star Wars Story juga menghabiskan biaya produksi yang sama.

Star Trek Beyond
Star Trek Beyond merupakan film ketiga dari franchise Star Trek versi reboot. Disutradarai oleh Justin Lin, film ini dibintangi oleh aktor Indonesia, Joe Taslim. Star Trek Beyond menghabiskan biaya produksi sebesar US$185 juta atau setara dengan Rp2,49 triliun.

Fantastic Beasts and Where to Find Them

Advertisement

Film ini merupakan karya J.K. Rowling pertama yang difilmkan yang bukan berasal dari novelnya. Film ini memakai alam yang sama dengan seri Harry Potter, namun terjadi puluhan tahun sebelum cerita dalam Harry Potter dimulai. Fantastic Beasts menghabiskan biaya produksi sebesar US$180 juta atau setara dengan Rp2,42 triliun. Film reboot cerita legenda Tarza, The Legend of Tarzan juga menghabiskan biaya produksi serupa.

X-Men: Apocalypse

Film ini merupakan film ke-9 dari franchise X-Men. Kembali disutradarai oleh Bryan Singer, X-Men: Apocalypse menghabiskan biaya produksi sebesar US$178 juta atau setara dengan Rp2,39 triliun.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif