Jogja
Kamis, 29 Desember 2016 - 08:20 WIB

PERIKANAN KULONPROGO : Sentra Produksi Perikanan Bakal Dikembangkan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ikan gabus dan ikan air tawar lainnya (JIBI/Solopos/Antara)

Perikanan Kulonprogo mengalami penurunan produksi

Harianjogja.com, KULONPROGO — Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kulonprogo mencatat adanya penurunan pada tingkat produksi perikanan tahun ini. Produksi perikanan bakal berusaha ditingkatkan kembali melalui optimalisasi pemberdayaan kelompok budi daya ikan (pokdakan).

Advertisement

Asisten II Setda Kulonprogo, Triyono mengatakan berkurangnya lahan perikanan menjadi salah permasalahan yang dihadapi secara nyata tahun depan akibat pembangunan bandara. Penurunan produksi perikanan perlu diantisipasi dengan program jangka panjang.

“Lahan pertanian bisa berkurang sampai 200 ha sampai 2017 dan sudah mulai diganti dengan cetak sawah baru. Potensi perikanan juga sedang diinventaris,” ucap dia, Rabu (28/12/2016).

Pengembangan sektor perikanan juga dilakukan melalui program pemberdayaan pokdakan. Triyono berpendapat, peningkatan produksi perikanan membutuhkan program yang berkelanjutan. Dia berharap hal tersebut juga sekaligus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kalangan pembudidaya ikan.

Advertisement

Triyono lalu mengatakan, Pemkab Kulonprogo sedang mengembangkan Kawasan Sentra Produksi Perikanan (KSPP) di Desa Triharjo, Wates. Program yang dikelola 12 pokdakan tersebut memanfaatkan lahan kas desa setempat seluas tiga ha.

“Diharapkan bisa dikelola dengan baik, konsisten, dan profesional sehingga memberikan manfaat secara ekonomi,” ungkap Triyono.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif