Ilustrasi ikan gabus dan ikan air tawar lainnya (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi ikan gabus dan ikan air tawar lainnya (JIBI/Solopos/Antara)
Kamis, 29 Desember 2016 08:20 WIB Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

PERIKANAN KULONPROGO
Sentra Produksi Perikanan Bakal Dikembangkan

Perikanan Kulonprogo mengalami penurunan produksi

Solopos.com, KULONPROGO — Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kulonprogo mencatat adanya penurunan pada tingkat produksi perikanan tahun ini. Produksi perikanan bakal berusaha ditingkatkan kembali melalui optimalisasi pemberdayaan kelompok budi daya ikan (pokdakan).

Asisten II Setda Kulonprogo, Triyono mengatakan berkurangnya lahan perikanan menjadi salah permasalahan yang dihadapi secara nyata tahun depan akibat pembangunan bandara. Penurunan produksi perikanan perlu diantisipasi dengan program jangka panjang.

“Lahan pertanian bisa berkurang sampai 200 ha sampai 2017 dan sudah mulai diganti dengan cetak sawah baru. Potensi perikanan juga sedang diinventaris,” ucap dia, Rabu (28/12/2016).

Pengembangan sektor perikanan juga dilakukan melalui program pemberdayaan pokdakan. Triyono berpendapat, peningkatan produksi perikanan membutuhkan program yang berkelanjutan. Dia berharap hal tersebut juga sekaligus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kalangan pembudidaya ikan.

Triyono lalu mengatakan, Pemkab Kulonprogo sedang mengembangkan Kawasan Sentra Produksi Perikanan (KSPP) di Desa Triharjo, Wates. Program yang dikelola 12 pokdakan tersebut memanfaatkan lahan kas desa setempat seluas tiga ha.

“Diharapkan bisa dikelola dengan baik, konsisten, dan profesional sehingga memberikan manfaat secara ekonomi,” ungkap Triyono.

Lowongan Pekerjaan
Lowongan PERSONALIA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


2

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…