News
Kamis, 29 Desember 2016 - 14:20 WIB

LIBUR AKHIR TAHUN : XL Tingkatkan Kapasitas Jaringan Tiga Kali Lipat

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Teknisi XL sedang melakukan pemeriksaan rutin terhadap perangkat BTS (BaseTransceiver Station) yang berada di daerah wisata Jalan Cihampelas, Bandung. (Foto istimewa/dokumen)

Libur akhir tahun dipastikan penggunakan data seluler meningkat

Harianjogja.com, JAKARTA– Sebagai langkah antisipasi lonjakan trafik pada layanan selama masa libur panjang, PT XL Axiata Tbk (XL) berupaya meningkatkan kapasitas jaringan. Dengan demikian, maka berapa pun tinggi peningkatan trafik akan tetap mampu melayani pelanggan dengan kualitas terbaik.

Advertisement

Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya, mengatakan pada masa libur panjang akhir tahun paling tidak ada tiga momen yang dijalani masyarakat dan pelanggan secara berangkai, yakni libur semester anak sekolah, Natal dan Tahun Baru. Biasanya, pada moment tersebut masyarakat berbagi foto, video, ucapan, dan lain-lain dengan intensitas yang lebih tinggi.

“Nah, tugas kami memastikan pelanggan dapat membagi kebahagiaannya tersebut secara lancar dengan koneksi yang cepat dan stabil,” kata dia dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (28/12/2016).

Yessie mengatakan, penggunaan jaringan XL untuk layanan internet pada Hari Natal adalah lebih dari 2.500 TB per hari. Hingga akhir tahun ini, kapasitas jaringan yang disediakan oleh XL sejak awal tahun telah ditingkatkan hingga tiga kali lipat khususnya untuk menampung lonjakan trafik di periode tertentu.

Advertisement

Peningkatan kapasitas menjelang Hari Natal hingga Tahun Baru, terutama dipusatkan pada titik-titik keramaian seperti
lokasi-lokasi wisata dan perbelanjaan. Hingga saat ini semua layanan berjalan dengan normal hampir tidak ada kendala yang berarti.

Hingga  tiga hari setelah perayaan Hari Natal, jaringan XL tetap lancar untuk akses semua layanan, termasuk internet yang cepat. Jika dibandingkan trafik Hari Natal tahun sebelumnya, tahun 2016 ini sempat terjadi kenaikan trafik untuk akses data dan internet sebesar 174% saat Hari Natal hingga sehari setelahnya.

Hal ini terjadi karena banyak pelanggan yang berkirim ucapan Natal dan berbagi momen dalam bentuk foto, gambar, dan video. Kenaikan trafik dalam rangka Natal ini juga terjadi antara lain di beberapa area yang memiliki komunitas umat Kristiani cukup besar seperti di Sumatera Utara dan Sulawesi Utara.

Advertisement

Sejak sepekan lebih memasuki masa liburan akhir tahun ini telah terlihat kenaikan trafik di area-area tertentu.

“Terutama di sejumlah lokasi wisata, baik di Jabodetabek, maupun di beberapa kota tujuan orang berlibur, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif