News
Kamis, 29 Desember 2016 - 22:00 WIB

Citilink Siap Pecat Pilot "Ngelantur" Jika Positif Narkoba

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat maskapai penerbangan Citilink (JIBI/Solopos/Dok.)

Manajemen Citilink menyatakan siap memecat pilot “ngelantur” jika hasil tes menunjukkan positif narkoba.

Solopos.com, JAKARTA — Manajemen Citilink Indonesia menyatakan tidak segan memecat pilot yang menerbangkan pesawat QG 800 jika terbukti mengabaikan peraturan. Sebelumnya, pilot tersebut menjadi gunjingan lantaran diduga berbicara ngelantur dan pesawat mengalami delay hingga 65 menit.

Advertisement

President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan mengungkapkan manajemen tidak akan segan memecat pilot tersebut jika nanti hasilnya positif menggunakan narkoba, tidak memenuhi persyaratan secara psikologis, dan sebagainya.

“[Manajemen Citilink] Tidak segan memecat [pilot bersangkutan] jika terbukti positif pada hasil tesnya itu,” kata Albert, Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Saat ini, dia menambahkan, manajemen telah membebastugaskan pilot yang bersangkutan sampai waktu yang tidak ditentukan. Dia mengatakan, pembebastugasan tersebut dilakukan untuk memastikan tingkat keselamatan penerbangan Citilink tetap terjaga.

Advertisement

Citilink, paparnya, saat ini sedang bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan guna melakukan investigasi lanjutan terhadap pilot yang bersangkutan melalui pemeriksaan kesehatan di Balai Kesehatan Penerbangan (Hatpen) dan Lembaga Kesehatan Penerbangan, Jakarta.

Dia mengungkapkan, investigasi tersebut dilakukan sejak Rabu (18/12/2016) dan masih berlangsung hingga hari ini. Oleh karena itu, dia menuturkan perusahaan masih belum mengetahui hasil pemeriksaan tersebut. Dia mengatakan, hasil pemeriksaan tersebut kemungkinan akan keluar pada pekan depan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif