Anak-anak diajak mengenali biota laut di Pantai Siung, Purwodadi, Tepus, Minggu (24/8/2014). (JIBI/Harian Jogja/Koper Mandiri/Katamata) Anak-anak diajak mengenali biota laut di Pantai Siung, Purwodadi, Tepus, Minggu (24/8/2014). (JIBI/Harian Jogja/Koper Mandiri/Katamata)
Rabu, 28 Desember 2016 20:20 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

WISATA GUNUNGKIDUL
Tak Terpusat di Poktunggal-Baron, Wisatawan Zona Pantai Timur

Wisata Gunungkidul kini tersebar di sepanjang zona pantai

Solopos.com, GUNUNGKIDUL– Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul (Disbudpar) Gunungkidul Saryanto mengakui proses pencapaian target pendapatan asli daerah (PAD) sangat berpengaruh dengan kunjungan yang ada.

Terlebih lagi, kata dia, untuk saat sekarang terdapat pergeseran tujuan wisata dan tidak lagi terfokus di wilayah barat di sepanjang Pantai Poktunggal hingga Baron.

Wisatawan pun kini mulai mengincar zona pantai timur mulai dari Wediombo hingga kawasan Pantai Siung. “Sekarang lebih merata dan tidak terfokus di satu titik saja,” katanya, Selasa (23/12/2016).

Meski demikian, sambung Saryanto, adanya pemerataan tersebut ternyata memberikan dampak terhadap upaya pengumpulan PAD. Hal itu tak lepas adanya perbedaan harga retribusi masuk antara wilayah timur dengan barat sehingga upaya mencapai target lebih lama.

“Di kawasan Pantai Siung-Wediombo harganya hanya Rp5.000 per pengunjung, sedang di jajaran Pantai Baron retribusinya sudah Rp10.000 per pengunjung,” kata Saryanto.

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…