Narendra Modi akan membangun patung tertinggi di dunia (Reuters) Narendra Modi akan membangun patung tertinggi di dunia (Reuters)
Rabu, 28 Desember 2016 10:00 WIB Septina Arifiani/JIBI/Solopos.com Internasional Share :

Telan Rp7,1 Triliun, India Bangun Patung Tertinggi di Dunia

India akan membangun patung tertinggi di dunia.

Solopos.com, MUMBAI – Perdana Menteri India, Narendra Modi, meletakkan batu fondasi pertama pembangunan patung terbesar di dunia. Patung Chhatrapatti Shivanji  rencananya akan dibangun di 4 Km lepas pantai Mumbai.

Chhatrapatti Shivanji merupakan seorang penguasa Hindu abad pertengahan di negara barat Maharashtra yang berjuang di era dinasti Islam, Mughal. Ia berhasil mengukir kerajaannya sendiri.

Patung Chhatrapatti Shivanji setinggi 192 meter diharapkan selesai pada 2019. Pembangunan patung tersebut menelan biaya cukup fantastis mencapai US$530 juta atau setara Rp7,1 triliun. Patung Chhatrapatti Shivanji diharapkan berukuran dua kali lipat dari patung Liberty di New York, dan lima kali lebih tinggi ketimbang patung Yesus di Rio de Janeiro, Brazil.

“Begitu banyak aspek kepribadiannya [Chhatrapatti Shivanji] yang menginspirasi kita,” kata Narendra Modi, seperti dikabarkan Aljazeera, Senin (26/12/2016).

Pembangunan patung tersebut bukan tanpa hambatan. Banyak warga India memprotes keras. Biaya yang tak sedikit hingga kerusakan alam yang terjadi menjadi alasannya. Pada Sabtu (24/12/2016), setidaknya 2.700 orang telah menandatangani petisi online di Change.org menolak proyek tersebut.

“Terlepas dari membuang-buang uang, patung tersebut menjadi hal yang berdampak mengerikan bagi lingkungan, untuk situasi lalu lintas di Mumbai selatan, dan mimpi buruk bagi keamanan,” demikian tulis penggagas petisi tersebut.

Pencinta lingkungan mengklaim proyek akan melibatkan reklamasi lahan dan mengganggu ekosistem laut di sepanjang pantai.

“Kehidupan laut akan berdampat dan nelayan akan mengalami kehidupan sulit,” kata Stalin Dayanand dari lembaga non-provit Vanashakti.

 

 

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…