ilustrasi gempa bumi (Solopos/JIBI/Dok.) ilustrasi gempa bumi (Solopos/JIBI/Dok.)
Rabu, 28 Desember 2016 07:40 WIB Irwan Syambudi/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

MITIGASI BENCANA BANTUL
BPBD Akan Buat Peta Resiko Gempa dan Tsunami

Kerjasama itu dilakukan untuk membuat peta risiko bencana, khususnya gempa dan tsunami.

Solopos.com, BANTUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul akan melakukan kerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG). Kerjasama itu dilakukan untuk membuat peta risiko bencana, khususnya gempa dan tsunami.

“Kedepan kami akan membuat peta resiko bencana di wilayah selatan Bantul untuk mengetahui titik aman yang bisa digunkan sebagai tempat evakuasi. Bukit-bukit di wilayah mana saja yang bisa direkomendasikan,” ujar Pelaksana Harian Kepala BPBD Kabupaten Bantul Dwi Daryanto, Selasa (27/12/2016).

Menurut Dwi, jika nanti peta resiko bencana sudah jadi, dan telah diketahui bukit yang aman untuk evakuasi. Maka kata dia tempat tersebut harus terhindar dari aktivitas yang dapat merubah fungsi dan manfaat tempat tersebut. Seperti halnya pertambangan yang terjadi di wilayah Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek yang kemungkinan menurut dia dapat merubah fungsi dan manfaat lokasi evakuasi.

Namun saat ditanya kapan peta resiko gempa dan tsunami itu dapat direalisaikan. Dirinya mengakui pihaknya baru dalam tahap penjajakan kerjasama dengan BIG. Sehingga belum dapat memastikan kapan peta resiko bencana tersebut terealisasi.

lowongan pekerjaan
PT.SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komodifikasi Hoaks

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Senin (11/9/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Berita tentang Saracen, kelompok yang diduga sebagai salah satu pelaku penyebarluasan konten…