Sport
Rabu, 28 Desember 2016 - 19:25 WIB

Mark Clattenburg Jadi Wasit Terbaik 2016

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wasit Liga Premier Inggris, Mark Clattenburg. (Reuters / Eddie Keogh)

Mark Clattenburg mendapat penghargaan sebagai wasit terbaik di tahun 2016.

Solopos.com, DUBAI – Wasit Mark Clattenburg mendapat penghargaan sebagai wasit terbaik di dunia pada 2016. Hal itu tak terlepas dari kinerja apik wasit asal Inggris itu di sepanjang tahun ini.

Advertisement

Dikutip dari Sky Sports, Clattenburg menerima penghargaan tersebut dalam acara Globe Soccer Awards yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (27/12/2016) waktu setempat. Pada tahun lalu, penghargaan serupa diberikan kepada wasit asal Uzbekistan, Ravshan Irmatov.

Clattenburg memang memiliki karier gemilang di tahun 2016 ini. Dia dipercaya untuk memimpin sejumlah laga spesial. Clattenburg setidaknya memimpin tiga laga penting yakni final Piala FA antara Manchester United melawan Crystal Palace.

Kemudian final Liga Champions yang mempertemukan Real Madrid melawan Atletico Madrid, serta final Piala Eropa antara Portugal kontra Prancis. Wasit 41 tahun itu bahkan membuat tato logo Liga Champions dan Euro di lengannya sebagai pengingat bahawa dia pernah menjadi pengadil di partai final.

Advertisement

Sebenarnya, bukan tiga laga spesial itu saja yang pernah diadili oleh Clattenburg. Sebelumnya, dia juga pernah memimpin laga final cabang sepak bola putra Olimpiade London 2012 antara Brasil kontra Meksiko. Ada pula laga Piala Super Eropa 2014 antara Real Madrid melawan Sevilla.

Clattenburg sendiri berkarier sebagai wasit profesional sejak 2004 dan terjun di Premier League. Pada 2006 dia kemudian menjadi wasit resmi FIFA.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif