Sport
Rabu, 28 Desember 2016 - 23:30 WIB

BENGAWAN CUP 2016 : Menpora: Liga Sepak Bola Wanita Harus Segera Dibikin

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, menendang bola sebagai tanda pembukaan perhelatan Bengawan Cup 2016 di Stadion Sriwedari, Rabu (28/12/2016). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Bengawan Cup 2016 digelar di Solo.

Solopos.com, SOLO — Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, resmi membuka turnamen Bengawan Cup 2016 yang merupakan turnamen sepak bola untuk wanita. Melihat potensi yang besar, Imam pun mendorong adanya kompetisi resmi sepak bola wanita di Indonesia.

Advertisement

Bengawan Cup 2016 sendiri digelar di Kota Solo tepatnya di Stadion Sriwedari. Empat tim turut andil di turnamen ini yakni Putri Surakarta, Putri Mataram Sleman, Garda Siliwangi Sukabumi, dan Kartini Persijap.

“Saya berharap ini [Bengawan Cup II 2016] menjadi momentum penting bagi kita semua karena SDM [Sumber Daya Manusia] kita di sepak bola wanita sangat besar. Tinggal bagaimana PSSI nanti menjadikan momentum ini untuk gencar mencari bibit-bibit unggul untuk dimasukkan kedalam skuat Timnas sepak bola wanita,” kata dia kepada wartawan disela pertandingan, Rabu.

Menpora juga berharap agar PSSI segera membuat liga resmi. Pasalnya, negara tetangga seperti Thailand dan Papua Nugini sudah memproyeksikan sepak bola wanita sebagai garda pendulang prestasi.

Advertisement

“Potensi [sepak bola wanita] di Indonesia sangat besar sekali. Kemarin saya berkeliling ke beberapa daerah seperti di Sumatra Barat potensinya sangat luar biasa. Askot PSSI di beberapa daerah dan klub sepak bola wanita di beberapa daerah harus didorong. Lalu federasi menyiapkan regulasi. Pasti jalan. Kuncinya hanya ada di kemauan,” sambungnya.

Sementara itu di hari pertama, Putri Surakarta dipaksa tunduk dari Putri Mataram Sleman dengan skor 1-2. Dua gol Putri Mataram Sleman dilesakkan oleh Novelia Widyawati di menit kelima dan Tugiyati Cindi di menit ke-29. Sementara satu gol balasan Putri Surakarta dilesakkan Maya di menit ke-19.

Di partai kedua, kesebelasan Garda Siliwangi Sukabumi berhasil menang atas Kartini Persijap dengan skor 2-1. Kemenangan itu membuat Garda Siliwangi Sukabumi dan Putri Mataram Sleman memimpin klasemen.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif