Jogja
Selasa, 27 Desember 2016 - 02:40 WIB

PANTAI SELATAN DIY : Gelombang Laut Pantai Selatan Memburuk

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Saat-saat gelombang tinggi menghantam Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari Gunungkidul, Senin (11/8/2014). (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Gelombang laut pantai selatan Gunungkidul memburuk beberapa hari terakhir.

Harianjogja.com, WONOSARI- Gelombang laut pantai selatan Gunungkidul memburuk beberapa hari terakhir. Ketinggian gelombang mencapai hingga tiga meter.

Advertisement

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul Budhi Harjo menyatakan, buruknya gelombang pantai selatan diinformasikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BKMG) DIY. “Bahwa terjadi gelombang tinggi mencapai dua hingga tiga meter,” kata Budhi Harjo, Senin (26/12/2016).

Tingginya gelombang laut berbahaya bagi wisatawan dan nelayan. Apalagi saat ini bertepatan dengan musim libur sekolah, sehingga terjadi peningkatan jumlah wisatawan yang berwisata di berbagai pantai di Gunungkidul. “Wisatawan harus berhari-hati saat mandi atau berenang di pantai,” ujarnya lagi. Selain itu, Budhi Harjo tidak menyarankan kepada nelayan untuk berlayar di saat kondisi gelombang tinggi seperti sekarang untuk mencegah kecelakaan laut.

Koordinator Search and Rescue (SAR) Wilayah I Gunungkidul Sunu Handoko mengatakan, ketinggian gelombang laut diperparah dengan adanya angin kencang. “Angin kencang bertiup dari arah selatan dan menyebabkan ombak semakin meninggi,” imbuh Sunu Handoko.

Advertisement

Menurut Sunu Handoko, ketinggian gelombang serta kencangnya angin dari selatan sangat berbahaya bagi aktivitas melaut karena rawan terjadi kecelakaan laut. “Kami komunikasikan kepada nelayan untuk tidak melaut dulu sampai gelombang reda,” ujar dia.

Buruknya kondisi laut selatan menurut Sunu merupakan siklus tahunan. Kondisi seperti ini diprediksi akan terjadi hingga akhir tahun dan mulai mereda pada awal tahun depan. Menghadapi potensi kecelakaan laut akibat gelombang tinggi, puluhan personil SAR kini bersiaga mengamankan wisatawan dari kecelakaan laut.

Ditambah lagi kata dia, saat ini jumlah wisatawan yang mengunjungi Gunungkidul terjadi peningkatan. Ia berharap para wisatawan menjaga keselamatan mereka dengan tidak bermain-main hingga ke tengah laut. Gelombang laut pantai selatan Gunungkidul dalam beberapa hari terakhir sudah menyeret sejumlah wisatawan. Beruntung tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Kecelakaan dia area wisata pantai yang menimbulkan korban jiwa terakhir tercatat di area sungai Pantai Baron.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif