Sejumlah pengunjung bermain di Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kamis (22/12/2016) pagi. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos) Sejumlah pengunjung bermain di Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kamis (22/12/2016) pagi. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)
Selasa, 27 Desember 2016 06:00 WIB Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Bisnis Klaten Share :

Mulai 2017, Umbul Ponggok Buka Hingga Tengah Malam

Umbul Ponggok akan buka hingga tengah malam begitu masuk tahun baru 2017.

Solopos.com, KLATEN — Objek wisata Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Klaten, ditargetkan bisa buka hingga malam mulai 2017 mendatang. Kepala Desa Ponggok, Junaedi Mulyono, mengatakan jam buka umbul rencananya dibuka hingga pukul 24.00 WIB. Selama ini, umbul tersebut buka dari pukul 06.00-16.00 WIB.

“Tujuan buka sampai malam itu biar massa terpecah. Jadi, tidak semua pengunjung datang saat pagi hingga sore. Makanya, kami sediakan hiburan pada malam. ini juga turut menghidupkan suasana Klaten saat malam,” urai dia saat ditemui di Objek Wisata Ponggok Ciblon, Senin (26/12/2016).

Fasilitas saat buka malam meliputi kafe dan food court yang masuk pada rencana penataan Umbul Ponggok 2016. Selain itu, terdapat wahana snorkeling dan diving serta foto dalam air.

Guna mendukung pengoperasian saat malam, pengelola menambah sistem pencahayaan dalam air. Ada 12 titik di dalam umbul yang bakal dipasangi lampu. “Jadi saat malam ada pencahayaan spektakuler dari umbul dengan pencahayaan warna-warni,” ungkapnya.

Junaedi mengatakan untuk pencahayaan tersebut, dana sekitar Rp400 juta digelontorkan yang bersumber dari pendapatan Badan Usaha Milik (BUM) Desa Tirta Mandiri. Lampu-lampu mulai dipasang pada Selasa (27/12/2016) seiring rencana pengenalan wahana itu saat digelar perayaan malam pergantian tahun di Umbul Ponggok, Sabtu (31/12/2016) malam.

Pada puncak liburan akhir tahun bakal digelar perayaan malam pergantian tahun di umbul tersebut dengan menghadirkan sejumlah band serta disk jockey (DJ). Anggaran Rp70 juta digelontorkan oleh BUM desa untuk perayaan tersebut. “Tiket masuk saat buka malam nanti harganya tetap. yakni Rp15.000/orang. Tetapi, khusus saat malam pergantian tahun harga tiket masuk Rp20.000/orang,” ungkapnya.

Terkait jumlah kunjungan selama musim liburan akhir tahun, Junaedi menjelaskan ada kenaikan hingga 30 persen jika dibanding jumlah kunjungan saat libur akhir pekan. Hal yang sama juga terjadi di Objek Wisata Ponggok Ciblon yang sebelumnya bernama Banyu Mili dengan peningkatan jumlah kunjungan hingga 100 persen. Umbul Ponggok serta Ponggok Ciblon merupakan dua objek wisata yang dikelola BUM desa.

“Untuk Umbul Ponggok itu ada kenaikan pada libur akhir pekan biasa dari 4.000 orang menjadi 6.000 orang. sementara untuk Ponggok Ciblon dari 500 orang bisa mencapai 1.000 orang,” urai dia.

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
ISI Bukan Kampus Zombi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (23/8/2017). Esai ini karya Aris Setiawan, dosen di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah segelas.kopi.manis@gmail.com Solopos.com, SOLO — Institut Seni Indonesia (ISI) Solo segera dipimpin rektor baru. Rektor Sri Rochana Widyastutieningrum…