Jogja
Selasa, 27 Desember 2016 - 04:40 WIB

KESEHATAN MASYARAKAT BANTUL : 203 Dusun Dapatkan Penghargaan

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin BCG yang didistribusikan ke puskesmas. (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Penghargaan diberikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan.

Harianjogja.com, BANTUL-Sebanyak 203 Dusun di Bantul dapatkan penghargaan dalam pelaksanaan program Desa Bebas 4 Masalah Kesehatan (DB4MK) Plus. Penghargaan diberikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan.

Advertisement

Kabid Promosi Kesehatan, Dinas Kesehatan, Kabupaten Bantul, Sidiq mengatakan penghargaan diberikan dengan maksud agar seluruh komponen masyarakat bergairah kembali dan secara intensif melaksanakan gerakan upaya penanggulangan masalah kesehatan.

“Penghargaan diberikan bagi dusun dengan kriteria bebas kematian ibu dan bayi, bebas kasus gizi buruk, bebas kasus DBD, partisipasi masyarakat di posyandu minimal 90% dalam 12 bulan, Persalinan ditolong oleh tebaga kesehatan 100%, serta Angka Jentik (ABJ) min 95% dalam 12 bulan,” kata Sidiq, Senin (26/12/2016).

Lanjutnya lagi, tujuan pemberian reward ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui penggalian potensi dan peran serta masyarakat.

Advertisement

Selain itu tujuan khusus DB4MK Plus adalah mengubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak pejabat dan masyarakat umum terhadap permasalahan kesehatan, menurunkan jumlah kematian ibu, menurunkan jumlah kematian bayi, menurunkan jumlah gizi bruk, menurunkan jumlah kesakitan DBD serta meningkatkan penemuan penderita TB.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif