Jatim
Senin, 26 Desember 2016 - 15:05 WIB

PENDIDIKAN PONOROGO : Membahayakan, 2 Ruang Kelas SDN 02 Tugurejo Dirobohkan

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seorang warga melihat puing-puing reruntuhan dua ruang kelas SD Negeri 02 Tugurejo yang dirobohkan karena rusak akibat bencana tanah gerak, Senin (26/12/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Pendidikan Ponorogo, dua ruang kelas di SDN 02 Tugurejo dirobohkan.

Madiunpos.com, PONOROGO — Dua ruang kelas di SD Negeri 02 Tugurejo, Kecamatan Slahung, Ponorogo, akhirnya dirobohkan. Hal ini karena dua ruang kelas tersebut rusak cukup parah akibat tanah bergerak, beberapa pekan lalu.

Advertisement

Pantauan Madiunpos.com di SDN 02 Tugurejo, Senin (26/12/2016), reruntuhan bangunan dua ruang kelas di sekolah dasar itu masih menumpuk di lokasi. Perabotan seperti kursi, meja, papan tulis, dan lainnya ditempatkan di halaman sekolah.

Kepala SDN 02 Tugurejo, Mujiono, mengatakan dua ruang kelas di SDN 02 Tugurejo dirobohkan pada Minggu (18/12/2016) setelah penerimaan rapor siswa. Dua ruang kelas tersebut terpaksa dibongkar karena kondisi fisik bangunan sudah rusak parah dan dikhawatirkan roboh ketika tanah bergerak lagi. (Baca juga: Kepala SDN 02 Tugurejo Usulkan Sekolah Direlokasi)

“Dua ruang kelas yang terdiri atas ruang kelas III dan IV itu pada saat terjadi bencana tanah bergerak beberapa pekan lalu memang mengalami kerusakan paling parah,” jelas dia, Senin.

Advertisement

Pembongkaran dua bangunan ini, kata Mujiono, sudah mendapat persetujuan dari Dinas Pendidikan Ponorogo. Selanjutnya ia akan mengajukan proposal pembangunan dua ruang kelas pengganti kepada pemerintah setempat.

Untuk sementara waktu siswa kelas III dan IV akan belajar di ruang perpustakaan dan ruang karawitan yang kondisinya masih bagus. “Saat ini seluruh siswa kan masih liburan hingga 2 Januari 2017, siswa kelas III dan IV nanti menempati ruang perpusatakaan dan karawitan saat sudah masuk lagi,” jelas Mujiono.

Mengenai usulan Dinas Pendidikan Ponorogo untuk memindahkan kegiatan belajar di sekolah lain, ia kurang sepakat karena sekolah paling dekat dari SDN 02 Tugurejo berjarak 3 km. Pengelola sekolah berkukuh tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

Advertisement

Untuk penggantian dua ruang kelas yang dibongkar itu, ia juga telah menyiapkan tempat pengganti di tanah lapang timur sekolah dan halaman sekolah.  “Di halaman sekolah masih ada tempat, kami akan mengusulkan bangunan baru sebagai pengganti dua ruang kelas itu,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif