Rumah Makan Soto Bangkong di Komplek Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjend Katamso, Kota Semarang, Jateng. (Sotobangkong.com) Rumah Makan Soto Bangkong di Komplek Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjend Katamso, Kota Semarang, Jateng. (Sotobangkong.com)
Senin, 26 Desember 2016 23:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

KULINER SEMARANG
Soto Semarang, Makanan Khas Kota Atlas Selain Lumpia

Kuliner di Semarang selain lumpia adalah Soto Semarang.

Solopos.com, SEMARANG – Kota Semarang terkenal dengan makanan khas yang biasanya juga menjadi oleh-oleh, yakni lumpia dan wingko. Namun selain dua makanan itu, Kota Semarang juga mempunyai makanan khas lainnya, yakni soto Semarang.

Sepintas lalu, soto Semarang tak berbeda dengan soto Kudus. Namun, seperti dikutip dari Resemasakanasli.web.id, Soto Semarang mempunyai beberapa perbedaan dengan soto Kudus.

Kuah soto Semarang lebih keruh dan lebih kental ketimbang soto Kudus. Soto Semarang juga mempunyai ciri khas rasa gurih dan manis yang menonjol. Ada lagi bedanya, yakni soto Semarang selalu menggunakan bihun untuk isiannya, sedangkan soto Kudus tidak.

Soto Semarang biasanya disajikan di dalam mangkuk kecil. Di warung-warung yang menyajikan soto Semarang, biasanya juga terdapat lauk seperti sate kerang, sate telur puyuh, dan perkedel. Sate kerang dan telur selalu disajikan dalam rendaman kuah kecap sehingga menambahkan rasa bumbu yang lebih manis.

Rumah makan yang meyajikan soto Semarang yang paling terkenal adalah Rumah Makan Soto Bangkong. Rumah Makan Soto Bangkong terletak di Kompleks Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjend Katamso, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Seperti dilansir Sotobangkong.com, rumah makan ini adalah pelopor lahirnya soto Semarang. Pada 1950, ada penjual soto di Semarang yang menjajakan dagangannya dengan berkeliling. Pedagang itu ialah H. Soleh Sukarno yang kini menjadi pemilik dari rumah makan Soto Bangkong dan sudah memiliki beberapa cabang yang dikelola oleh keluarganya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan kerja
lowongan kerja Distributor SASA & SALONPAS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


3

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…