Gambar kelahiran tertua (Archaeology/Marco Morelli) Gambar kelahiran tertua (Archaeology/Marco Morelli)
Senin, 26 Desember 2016 22:10 WIB Sains Share :

Gambar Kelahiran Tertua Ditemukan di Mesir

Gambar peristiwa melahirkan tertua ditemukan di Mesir.

Solopos.com, KAIRO – Peneliti Italia menemukan gambar yang mereka yakini sebagai gambar peristiwa melahirkan tertua yang pernah ada. Gambar tersebut ditemukan di atas batu berusia 5.000 tahun.

Gambar tersebut menggambarkan bintang di timur, bayi di antara kedua orang tua, serta dua hewan. Berwarna coklat kemerahan, gambar tersebut ditemukan di dinding gua kecil di Gurun Sahara, Mesir, saat ekspedisi melintasi lembah Nil dan dataran tinggi Gilf Kebir.

“Ini gambar yang menggugah, mirip peristiwa Natal. Tapi, lebih tua sekitar 3.000 tahun,” kata ahli geologi Marco Morelli, yang juga direktur Museum of Planetary Science di Prato, Italia, seperti diberitakan Antara dari Live Science, Sabtu (24/12/2016).

Morelli menemukan gambar tersebut pada 2005, tapi baru merasa sekarang adalah saat yang tepat mengungkapnya. Gambar tersebut menimbulkan pertanyaan terkait ikonografi mengenai salah satu peristiwa penting bagi penganut Nasrani.

Gambar tersebut berisi seorang lelaki, perempuan yang hilang di bagian kepala karena rusak dan bayi.

Sekilas gambar tersebut merupakan peristiwa biasa, yang membuatnya menarik adalah posisi bayi yang berada sedikit di atas, seperti hendak naik ke langit.

“Kematian dikaitkan dengan bumi dalam seni kontemporer di area yang sama, mungkin, kelahiran dihubungkan dengan angkasa,” kata Morelli.

Makna gambar menjadi semakin rumit bila figur lainnya, hewan dan benda kecil berbentuk bundar disertakan.

Di bagian atas gambar, terdapat singa tanpa kepala, hewan mitos yang muncul di beberapa lukisan batu dari daerah yang sama. Sementara itu, di bawah terdapat gambar babon.

“Ini gambar yang menarik. Kami belum menemukan yang seperti ini sampai era Kristen awal,” kata Morelli.

Lowongan Pekerjaan
SMP-SMA INSAN CENDEKIA SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


2

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…