Ilustrasi layanan kredit perbankan (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis) Ilustrasi layanan kredit perbankan (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis)
Senin, 26 Desember 2016 06:40 WIB Irwan Syambudi/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

DPRD BANTUL
SK Hak Pemanfaatan Kios Bisa Jadi Agunan

Kepemilikan kios dan los tetap menjadi barang milik daerah yang tidak dapat disita oleh perbankan.

Solopos.com, BANTUL-Panitia khusus (Pansus) II DPRD Kabupaten Bantul yang membahas perubahan Peratura Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Pasar akan menghapus pasal 13 ayat 2, Perda sebelumnya. Yang berbunyi surat keterangan (sk) hak pemanfaatan kios tidak dapat dipergunakan sebagai agunan.

Anggota Pansus II, Setiya mengatakan pasal tersebut akan mengganti menjadi, dapat dipergunakan sebagai agunan atau jaminan kepada pihak lembaga perbankan atau lembaga keuangan lainnya. Namun kepemilikan kios dan los tetap menjadi barang milik daerah yang tidak dapat disita oleh perbankan.

“Jadi yang diagunkan bukan kios atau losnya, tapi hanya sk hak pemanfaatannya saja. Karena kami juga tetap harus menjaga eksistensi kios dan los yang merupakan barang milik daerah,” kata Setiya, Minggu (25/12/2016).

Sementara hak pemanfaatan yang semula berlaku seumur hidup dan dapat diwariskan akan dibatasi masa berlakunya. Dan tentu dapat terus diperpanjang. Menurutnya hal itu bagian untuk melakukan evaluasi pemanfaatan barang milik daerah oleh pedagang. “Bila tidak optimal ya sebaiknya dikembalikan ke Pemkab, agar bisa diberikan pemanfaatannya kepada pedagang lain,” ujarnya.

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…