Sejumlah petugas dari Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul dibantu warga mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga akibat angin puting beliung, di Dusun Depok, Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Bantul. Senin (8/11). (JIBI/Irwan A. Syambudi) Sejumlah petugas dari Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul dibantu warga mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga akibat angin puting beliung, di Dusun Depok, Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Bantul. Senin (8/11). (JIBI/Irwan A. Syambudi)
Senin, 26 Desember 2016 04:20 WIB Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

BENCANA BANTUL
Anggaran Posko Darurat Bencana Belum Cair, Relawan Gunakan Dana Sukarela

Bencana Bantul belum mendapat gelontoran dana untuk operasional

Solopos.com, BANTUL- Ketua Umum FPRB Bantul Heri Ruswanto mengaku tak mempermasalahkan anggaran dana operasional yang belum ada di setiap posko. Dia menyebut selama ini para relawan yang tergabung dalam FPRB sudah terbiasa untuk swadaya, menyumbangkan tenaga ataupun materi demi kemanusiaan.

“Kami ditugaskan untuk menjaga posko jadi harus konsisten. Ada ataupun tidak ada dana kami harus tetap jalan karena orientasi kami itu ibadah. Kalau memang ada dana operasioanal ya kami syukuri kalau tidak ada ya tidak apa-apa. Kami tidak pernah menuntut,” ujarnya, Minggu (25/12/2016).

Namun diakuinya jika memang sejumlah anggaran yang telah diajukan oleh BPBD Bantul dapat terealisai maka kerja relawan di lapangan dapat lebih lancar. Pasalnya sejumlah relawan kata dia membutuhkan biaya akomodasi dan sarana ketika di lapangan.

Sementara itu Ketua FPRB Kecamatan Piyungan Amad Yani membenarkan jika sejauh ini di posko darurat bencana belum mendapatkan dana operasional untuk sarana dan akomodasi. Kata dia BPBD Bantul baru memberikan logistik, di antaranya kopi dan gula, untuk menemani relawan berjaga.

“Selama ini kami masih menggunakan dana sendiri untuk ke lokasi bencana atau kebutuhan membeli bensin atau oli untuk mesin pemotong kayu saat ada pohon tumbang,” sebutnya.

Namun dia mengakui dirinya bersama dengan sejumlah FPRB Se-Bantul telah diundang BPBD Bantul dan telah diberikan sosialisasi perihal dana operasioanal posko yang baru dalam tahap pengajuan itu.

lowongan pekerjaan
PT. SARANA SURAKARTA VENTURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Ayo Sowan Simbah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (14/9/2017). Esai ini karya Joko Setiyono, pustakawan di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah jjoko@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Banyak orang tidak tahu 14 September bagi bangsa Indonesia merupakan Hari Kunjung Perpustakaan….