Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto (kanan) bergandeng tangan dengan Calon Ketua Umum Partai Golkar Ade Komarudin (dua kanan), Siti Hediati Hariyadi (dua kiri) dan Ketua Harian Partai Golkar MS Hidayat saat mendeklarasikan dukungan di Nusa Dua, Bali, Jumat (13/5/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Wira Suryantala)
Senin, 26 Desember 2016 19:30 WIB John Oktaveri/JIBI/Bisnis Politik Share :

Ade Komarudin Gugat MKD & Diisukan Pindah ke Hanura, Ini Kata Golkar

Ade Komarudin akan menggugat MKD terkait keputusan yang berujung lengsernya dirinya dari Ketua DPR. Dia juga diisukan pindah ke Hanura.

Solopos.com, JAKARTA — Sekjen Partai Golkar Indrus Marham menyerahkan sepenuhnya kepada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait rencana gugatan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Ade Komarudin (Akom). Hal itu terkait keputusan MKD yang membuat Ade dilengserkan dari jabatan ketua DPR.

“Menyerahkan sepenuhnya pada proses di MKD,” ujar Idrus singkat ketika ditanya Bisnis/JIBI soal tanggapannya terkait rencana Ade tersebut, Senin (26/12/2016).

Namun demikian, Idrus menyatakan Fraksi Golkar di DPR akan berkomunikasi dengan Akom terkait rencana gugatannya itu. Dia mengatakan gugatan itu sah dalam organisasi.

Ade sebelumnya menyatakan bahwa diriya akan melakukan upaya hukum terkait putusan MKD atas dirinya. Menurutnya, dalam putusan yang akhirnya membuat dirinya digantikan oleh Setya Novanto sebagai Ketua DPR tersebut, ada unsur penyalahgunaan wewenang atau abuse of power.

Sedangkan terkait isu yang menyebutkan Ade akan keluar dari Partai Golkar, Idrus Marham meyakini hal itu tidak akan terjadi. Sebelumnya, Ade diisukan akan pindah ke Partai Hanura menyusul terpilihnya Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang sebagai Ketua Umum Partai Hanura mengantikan Wiranto.

Dia meyakini Ade merupakan kader terbaik yang tidak akan mau ditawari jabatan apapun dari partai lain. Idrus meyakini bahwa sosok Ade merupakan kader militan di Golkar sehingga tidak akan mudah tergoda untuk pindah ke partai lain. “Kalau sudah bertaruhnya ideologi pertaruhannya cita-cita maka jabatan tidak lagi begitu penting,” kata Idrus.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Darmanto Jatman Bercerita Jawa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (15/01/2018). Esai ini karya Bandung Mawardi, seorang kritikus sastra. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Rumah dalam pemahaman peradaban Jawa adalah ruang hidup untuk menjadikan manusia ada dan berada. Pemahaman itu menunjukkan konstruksi…