Museum Kereta Api Ambarawa, Kabupaten Semarang. (Ranselkecil.com) Museum Kereta Api Ambarawa, Kabupaten Semarang. (Ranselkecil.com)
Minggu, 25 Desember 2016 18:50 WIB Semarang Share :

WISATA SEMARANG
Singgah di 5 Destinasi Ini saat ke Ambarawa, Pasti Tak Mengecewakan!

Wisata ke Semarang, salah satunya ke Ambarawa yang sangat cocok dikunjungi saat libur panjang tiba.

Solopos.com, UNGARAN – Libur panjang akhir tahun telah tiba, beberapa keluarga pasti sudah menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Nah, bagi yang belum menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi, mungkin Kabupaten Semarang dapat dijadikan pilihan, khususnya di kawasan Ambarawa. Kali ini Semarangpos.com telah merangkum lima objek wisata di Ambarawa yang tak mungkin mengecewakan wisatawan.

Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa (Pusakaindonesia.org)

Monumen Palagan Ambarawa (Pusakaindonesia.org)

Kawasan Monumen Palagan Ambarawa terletak di Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Monumen Palagan Ambarawa juga dikenal dengan sebutan Musem Palagan Ambarawa karena tempat ini juga menyimpan koleksi sejarah. Salah satu objek wisata di Semarang ini sudah dikenal luas hingga luar Kota Ambarawa.

Dilansir Pusakaindonesia.org, Monumen Palagan Ambarawa merupakan simbol untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambarawa yang terjadi pada 12 Desember hingga 15 Desember 1945 di Ambarawa. Di monumen ini, pengumjung dapat menemukan peninggalan pemerintahan Jepang dan Belanda.

Di tempat ini tersimpan beragam benda sejarah seperti seragam para tentara Jepang dan Belanda, senjata perang, seragam tentara Indonesia, dan barang bersejarah lain. Selain itu, pengunjung dapat menemukan beberapa tank kuno, kendaraan pengangkut personil, dan meriam yang digunakan dalam pertempuran tersebut. Benda yang paling menarik di objek wisata ini adalah pesawat Mustang Belanda yang berhasil ditembak oleh tentara Indonesia dan jatuh ke dalam Rawa Pening.

Rasanya tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Anak-anak juga dapat belajar sejarah dengan mengunjungi kawasan Monumen Palagan Ambarawa. Maka tak diragukan lagi jika objek wisata ini tak akan mengecewakan untuk dikunjungi saat liburan.

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa (Ranselkecil.com)

Museum Kereta Api Ambarawa (Ranselkecil.com)

Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum. Museum ini memiliki kereta api yang pernah berjaya pada zamannya. Salah satunya adalah kereta api uap yang hingga kini masih dapat beroperasi sebagai kereta api wisata.

Kereta api uap bergerigi ini sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di dunia. Dua yang lain ada di Swiss dan India.

Dikutip Semarangpos.com dari Ranselkecil.com, selain kereta api uap yang digunakan untuk kereta wisata, museum ini juga mengoleksi 21 lokomotif uap. Tak kalah jauh menarik dengan Monumen Palagan, Museum Kereta Api juga cocok untuk dikunjungu bersama keluarga.

Selain itu, salah satu objek wisata di Kabupaten Semarang juga mempunyai koleksi lain seperti telepon antik, peralatan telegraf Morse, bel antik, dan beberapa perabotan antik yang cocok untuk mengedukasi anak-anak mengenai sejarah. Museum ini terletak di Jl. Stasiun No. 1, Ambarawa, Jateng,

Rawa Pening

Rawa Pening (Panwis.com)

Rawa Pening (Panwis.com)

Rawa Pening adalah objek wisata yang menyuguhkan pemandangan danau yang eksotis. Di satu sisi Danau Rawa Pening, terdapat Wisata Apung Kampung Rawa yang merupakan sebuah restoran apung dengan beberapa fasilitas wisata apung seperti perahu kayu, perahu motor, bebek air, ATV, perahu karet, dan becak air.

Dikutip dari Panwis.com, tempat wisata buatan ini dikelola oleh 12 kelompok tani dan nelayan yang ada di Desa Bejalen dan Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Di Kampung Rawa ini, tersaji keindahan pemandangan alam yang memanjakan mata. Hamparan sawah, pegunungan dan juga Danau Rawa Pening pun dapat dinikmati dengan leluasa.

Danau seluas 2.670 ha ini juga ditumbuhi enceng gondok yang bermanfaat sebagai tempat favorit ikan untuk berlindung dari sengatan matahari. Enceng gondok di rawa ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk dibuat kerajinan tangan.

Gunung Kelir

Gunung Kelir (Instagram.com-@indrabaguspriswantoko)

Gunung Kelir (Instagram.com-@indrabaguspriswantoko)

Gunung Kelir dapat dibilang sebagai tempat wisata baru di Kabupaten Semarang. Gunung ini terletak di Dusun Gertas, Desa Brongkol, Kecamatan Jambu—sedikit ke barat dari Ambaeawa—Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Di Gunung Kelir terdapat satu spot yang menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Gunung Kelir adalah sebuah gunung kecil yang terletak di sebelah utara Gunung Telomoyo.

Gunung Kelir sangat cocok dikunjungi anak muda yang masih mempunyai semangat untuk mendaki gunung. Karena jika ingin mencapai puncak yang terdapat panggung bambu sebagai tempat berfoto, pengunjung harus mendaki gunung selama kurang lebih dua jam.

Dengan panorama yang indah dan juga hasil bumi yang terkenal, cukup rasanya untuk menempatkan Gunung Kelir sebagai destinasi utama jika ingin melancong ke Semarang. Terlebih lagi, jika saat menuju Desa Brongkol pengunjung melewati jalur lingkar Ambarawa, maka akan disuguhkan panorama Gunung Ungaran, Sindoro, Sumbing, dan Merbabu.

Kawasan Wisata Kopeng

Pengunjung Kopeng Treetop Adventure, Rewita Nugraheny, 27, warga Jogja, menghadapi rintangan flying swing di Kopeng Treetop Adventure, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Sabtu (21/5/2016). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Pengunjung Kopeng Treetop Adventure, Rewita Nugraheny, 27, warga Jogja, menghadapi rintangan flying swing di Kopeng Treetop Adventure, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Sabtu (21/5/2016). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Kawasan Wisata Kopeng terletak di Jl. Raya Salatiga-Magelang Km 15 bukanlah termasuk wilayah Ambarawa, meski lokasinya tak jauh dari kota itu. Kawasan Kopeng ini meskipun masih termasuk wilayah Kabupaten Semarang, namun justru lebih dikenal luas sebagai bagian dari wilayah Kota Salatiga karena letaknya yang dekat dengan Salatiga.

Kopeng adalah desa wisata yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Getas Kabupaten Semarang. Seperti dilansir Tamanwisatakopeng.com, di Kawasan Wisata Kopeng terdapat Taman Wisata yang menyediakan berbagai fasilitas wisata, seperti Outing Camp dan Outdoor Activity. Menurut Tamanwisatakopeng.com, disana juga ada layanan hotel yang menyediakan 19 kamar dan satu restoran. Selain itu, ada juga fasilitas outbond dan ATV tracking. Tak dapat dipungkiri, tempat wisata ini memang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga saat libur panjang tiba.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

lowongan kerja, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Ketahanan Psikologis Mencegah Pelajar Bunuh Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/6/2017). Esai ini ditulis Ahmad Saifuddin, dosen di Institut Agama Islam Negeri Surakarta dan Sekretaris Lakpesdam PCNU Kabupaten Klaten. Alamat e-mail penulis adalah ahmad_saifuddin48@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Pada Sabtu (3/6/2017) saya terkejut ketika membaca Harian…