pesawat tergelincir Pesawat Wings Air yang mengalami kecelakaan, tergelincir saat melakukan pendaratan di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Minggu (25/12/2016) malam. (Istimewa-Basarnas Kantor SAR Semarang)
Minggu, 25 Desember 2016 22:10 WIB Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

KECELAKAAN PESAWAT
Pemindahan Wings Air di Bandara Ahmad Yani Terkendala Peralatan

Kecelakaan menimpa pesawat Wings Air hingga menyebabkan Bandara Ahmad Yani ditutup sementara.

Solopos.com, SEMARANG Proses pemindahan pesawat Wings Air yang mengalami kecelakaan di runway Bandara Ahmad Yani, Semarang, berlangsung alot. Proses pemindahan pesawat terbang yang tergelincir hingga menyebabkan rodanya patah itu terkendala minimnya peralatan yang dimiliki regu penyelamat.

Sebelumnya, pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1896 rute Bandung-Semarang itu tergelincir saat tengah melakukan pendaratan di Runway 13 Bandara Ahmad Yani, Semarang, atau di dekat Taxiway D, pada Minggu (25/12/2016) sekitar pukul 18.45 WIB. Akibat kecelakaan itu, Bandara Ahmad Yani pun harus ditutup sementara karena lintasan yang digunakan landing maupun take off pesawat udara terhalang badan pesawat Wings Air itu.

Pihak Bandara Ahmad Yani sebelumnya memprediksi proses pemindahan pesawat Wings Air itu akan berlangsung sekitar dua jam. Meski demikian, hingga pukul 21.30 atau sekitar tiga jam dari insiden itu, proses pemindahan masih berlangsung atau molor dari jadwal yang ditentukan.

Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Agus Haryono, mengakui proses pemindahan pesawat Wings Air itu memang mengalami sedikit kendala, khususnya dalam bidang peralatan. “Kami tidak punya peralatan yang bisa digunakan untuk menarik pesawat. Kalau dari Basarnas hanya punya alat untuk mengangkat bagian depan pesawatnya. Tapi, karena pesawat itu rodanya patah, jadi harus ditarik. Nah, alat yang digunakan untuk menariknya itu yang belum ada,” tutur Agus saat dihubungi Semarangpos.com, Minggu malam.

Agus menambahkan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, untuk meminjamkan peralatan yang biasa digunakan untuk menarik kontainer. Jika peralatan itu cepat datang, maka bisa dipastikan proses pemindahan pesawat Wings Air dari lintasan penerbangan pesawat udara Bandara Ahmad Yani bisa berlangsung cepat.

Pesawat Wings Air rute Bandung-Semarang itu mengalami kecelakaan yang diduga karena lintasan yang basah akibat hujan deras, Minggu sore. Dalam insiden ini tidak ada korban jiwa, 68 penumpang dan empat kru pesawat serta sang pilot dikabarkan selamat dan langsung dievakuasi ke terminal penumpang di Bandara Ahmad Yani sesaat setelah kecelakaan tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan kerja
lowongan kerja GALVASTELL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Banner Toko

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…