Jogja
Minggu, 25 Desember 2016 - 22:20 WIB

BENCANA BANTUL : 21 Posko Darurat Bencana telah Berdiri, Dana Operasional Tak Kunjung Cair

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas dari Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul dibantu warga mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga akibat angin puting beliung, di Dusun Depok, Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Bantul. Senin (8/11). (JIBI/Irwan A. Syambudi)

Bencana Bantul belum mendapat gelontoran dana untuk operasional

Harianjogja.com, BANTUL—Sedikitnya 21 posko darurat bencana yang telah didirikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul belum dapatkan dana operasional. Akibatnya sejumlah relawan di semua posko masih menggunakan dana sukarela untuk kebutuhan operasional.

Advertisement

Pelaksana Harian Kepala BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto mengakui hingga saat ini dana operasional posko darurat bencana yang diajukan ke Badan Nasional Penangulangan  Bencana (BNPB) DIY belum cair. Anggaran dana Rp2 miliar yang diajukan itu sejatinya untuk biaya operasional posko yang telah berdiri dari (23/11/16) hingga (20/2/17) mendatang.

“Sudah mengusulkan anggaran lewat provinsi ke BPBD, tapi sampai sekarang belum turun,” ujar Dwi, Minggu (25/12/2016).

Menurutnya anggaran tersebut sedianya akan digunkan untuk memenuhi sarana dan akomodasi di posko darurat bencana, supaya relawan mampu merepon cepat terhadap potensi bencana. Namun diakuinya hingga kini belum ada anggaran yang masuk ke posko, kecuali sejumlah logistik yang berasal dari dana BPBD Bantul sendiri.

Advertisement

Kendati demikian pihaknya dapat memahami perihal belum turunnya anggaran yang diajukan ke BNPB tersebut. “Mungkin BNPB juga ada prioritas lain, karena kita tahu sendiri kemarin di Pidi Jaya juga ada bencana yang mungkin membutuhkan penanganan khusus dan  dana yang lebih besar,” Kata dia.

Sehingga untuk sementara, Dwi menyebut semua kebutuhan operasional posko darurat bencana masih ditanggung secara swadaya oleh relawan yang terdiri dari Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB).

Pihaknya sangat mengapresiasi sejumlah relawan yang dinilai cukup militan. Menurut dia bencana gempa yang terjadi sepuluh tahun silam telah menjadi pembelajaran penting para relawan terhdap resiko bencana.

Advertisement

“Kami sangat berterimakasih kepada temen-temen FPRB yang sangat mandiri. Karena masyarakat Bantul tetap siaga untuk menanggulangi bencana. Mereka sudah memahami bahwa bencana bukan hanya urusan pemerintah semata,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif